Wakil Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, Andi Rudi Latif melepas sebanyak 48 kafilah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke- 34 tingkat Provinsi Kalimantan  Selatan di halaman kantor bupati.

"Kafilah asal Kotabaru akan mengikuti MTQ Nasional tingkat provinsi Kal-Sel di Banjarbaru tanggal 20 sampai dengan 28 Juli tahun 2023," kata Andi Rudi Latif di Kotabaru, Kamis.

Baca juga: Pemkab HSU utus 52 kafilah ikuti MTQ Kalsel

Andi Rudi menjelaskan  keikutsertaan kafilah kabupaten kotabaru pada MTQ nasional merupakan agenda rutin pemerintah kabupaten kotabaru sebagai salah satu upaya peningkatan dan pengembangan pembinaan seni baca al quran dalam rangka mewujudkan generasi di kabupaten kotabaru.

MTQ sebagai bagian dari pembinaan seni baca al quran serta diharapkan dapat memberikan dorongan dan motivasi masyarakat untuk membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan ajaran al quran dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Kami ucapkan selamat kepada kafilah, oficial, serta qori dan qoriah yang telah terpilih di berikan kepercayaan untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan musabaqoh tilawatil quran Nasional tingkat provinsi kalimantan selatan," katanya.

Andi Rudi berpesan kepada tim untuk dapat mejaga kebersaman dan kekompakan serta menjalin persahabatan dan persaudaraan dengan kafilah dari berbagai daerah.

Baca juga: Bupati harapkan kafilah Banjar raih prestasi terbaik di MTQ Kalsel

Dan juga dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjaga kesehatan agar dapat tampil dengan  optimal.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kotabaru Zulkifli BT menjelaskan,  keberangkatan kafilah kabupaten kotabaru dalam rangka mengikuti musabaqah tilawatil qur'an nasional yang ke 34 tahun 2023 di kotamadya banjarbaru.

"Kita mengikutkan  48 orang peserta dari semua cabang-cabang yang di perlombakan, terkecuali musabaqah cacat netra dan musabaqah makalah al qur'an yang tidak ikut dari 19 cabang yang akan di perlombakan," kata Zulkifli 

Ia menambahkan, Khafilah kabupaten kotabaru semuanya berjumlah 80 orang yang terdiri dari 5 orang oficial, 10 orang pelatih, 48 orang peserta MTQN semua cabang dari 19 materi yang diperlombakan, 

"Satu orang pimpinan kafilah atau rombongan, dua orang bendahara, dua orang admin, enam orang pendamping verifikasi, dan enam orang koordinasi konsumsi," demikian Zulkifli

Baca juga: Kintap dan Pelaihari bertekad meraih juara umum MTQN ke-45

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023