Ketua Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kalimantan Selatan Raudatul Jannah mendorong usaha budidaya ikan tawar pada tingkat rumah tangga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
Raudatul di Kabupaten Banjar, Rabu, Tim PKK Kalsel pun serius untuk mewujudkan ini agar bisa terealisasi di masyarakat lewat bantuan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandingin, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Baca juga: Kalsel kemarin, Pramuka se-Indonesia hingga sunatan masal Kejari Balangan
 
Raudatul mengaku sudah mengunjungi BPBAT Mandiangin untuk menjajaki lebih lanjut agar masyarakat bisa segera merealisasikan program tersebut.
 
"Kita ingin berkonsultasi terkait produksi pakan ikan mandiri skala rumah tangga dengan penggunaan bahan baku yang mudah didapat masyarakat," ujarnya.
 
Istri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor ini pun menyampaikan BPBAT Mandiangin mencontohkan budidaya ikan air tawar seperti ikan gabus, kelabau dan belida dengan pangan yang mudah.
 
Sehingga, kata dia, produksi ikan air tawar berkembang baik, hingga ada produksi turunannya terutama untuk ikan gabus yang banyak berkembang biak di sungai Provinsi Kalsel.
 
"Dari ikan gabus ini menghasilkan produk albumin dan abon, ini bernilai ekonomi cukup tinggi," papar Raudatul.

Baca juga: Ratusan Tim Penggerak PKK Desa di Kalsel tingkatkan kapasitas kemampuan
 
Dia pun berharap dengan didorong cara ini untuk budidaya pada tingkat rumah tangga, maka bisa menekan angka inflasi di Provinsi Kalsel.
 
Sebab, angka inflasi di provinsi Kalsel masih terjadi disebabkan beberapa harga bahan pokok yang masih tinggi di pasaran.
 
"Berbagai cara harus kita lakukan untuk mengurangi beban masyarakat atas terjadinya inflasi ini, termasuk melakukan usaha mandiri skala rumah tangga untuk menambah penghasilan," ujarnya.
 
Sebagaimana dinyatakan, BPBAT Mandiangin menyediakan beberapa pelayanan untuk penyediaan benih dan calon induk unggul, bimbingan teknis, kunjungan serta magang kepada seluruh pihak yang ingin belajar tentang budidaya ikan.

Baca juga: Kalsel kemarin, dari DLH ajak masyarakat tertib buang sampah hingga Ketua TP PKK Banjar raih penghargaan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023