Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry dengan penuh semangat mengikuti kegiatan jalan santai bersama santri dan santriwati dari Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan.

Acara bertajuk Explore (Keliling Banua Bersama Abah Guru Tercinta) Keluarga diselenggarakan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1445, menunjukkan harmoni dan kebersamaan antara pemerintah daerah dan lingkungan pesantren.

Acara dimulai tepat di depan Ponpes Dalpa, tempat bupati disambut dengan hangat Pimpinan Pesantren Sayyidul Walid TGH. Ahmad Syairazi (Guru Syairazi) penuh keakraban menyatu dalam semangat menyambut tahun baru Islam yang baru tiba.

Setelah seluruh peserta berkumpul, jalan santai pun dimulai, bupati dan abah guru dan Sekretaris Daerah H. M. Noor berjalan beriringan dengan para santri dan santriwati yang penuh antusias.
 
Jalan santai peringatan Tahun Baru Islam Pondok Pesantren Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan, Hulu Sungai Selatan,
Kalimantan Selatan, Rabu (19/7/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: Guru Tungkal H Fakhruddin Nur isi tausiah haul di Negara HSS

Jalan santai ini diberikan sentuhan khusus, dengan pemberian lima zona yang berbeda dalam rute perjalanan, di mana setiap zona mewakili makna dan kegiatan ibadah yang berbeda.

Zona-zona tersebut antara lain, Zona Semangat, di zona ini, bupati bersama santri meneriakkan yel-yel guna memberikan semangat menjalani kegiatan, penuh kegembiraan, seluruh peserta diajak bersuka cita menyambut tahun baru Islam.

Zona Sholawat, dalam zona ini, para peserta diajak bersama-sama melantunkan sholawat dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW, suara merdu para santri mengiringi langkah-langkah mereka, menciptakan atmosfer keagamaan yang khusyuk.

Zona Istirahat, setelah berjalan sejauh beberapa kilometer, peserta memasuki zona istirahat, di sini mereka diberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak.
 
Jalan santai peringatan Tahun Baru Islam Pondok Pesantren Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan, Hulu Sungai Selatan,
Kalimantan Selatan, Rabu (19/7/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: TC kafilah HSS persiapkan Qari-Qariah di MTQ XXIV tingkat provinsi

Zona Dzikir, di zona ini menjadi momen untuk berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah, para peserta diajak mengingat dan menyebut nama-Nya dengan penuh khusyuk, memperkuat hubungan spiritual antara manusia dan Tuhan.

Zona Istighfar, di zona terakhir, para peserta semua diajak untuk bertaubat dan memohon ampunan atas segala dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan, maka suasana penuh haru dan khidmat mengiringi kegiatan istighfar ini.

Setelah semua peserta melewati kelima zona tersebut, acara jalan santai berakhir di Lapangan Lambung Mangkurat. alun-alun Kota Kandangan untuk melakukan senam pendinginan.

Dipandu oleh instruktur yang berpengalaman, bupati, abah guru, sekda, para santri dan peserta lainnya menyelesaikan rangkaian gerakan senam untuk menjaga kesehatan tubuh dan meredakan ketegangan setelah berjalan kaki.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan peragaan busana yang ditampilkan oleh para santri santriwati, pengajar, MI dan MDT dan anggota majelis juga turut menghiasi acara.

 
Jalan santai peringatan Tahun Baru Islam Pondok Pesantren Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan, Hulu Sungai Selatan,
Kalimantan Selatan, Rabu (19/7/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: HSS kirim dua orang jadi tenaga haji Kemenkes RI di Arab Saudi

Selanjutnya, acara semakin semarak dengan pertunjukan zapin Arab yang menawan dari para santri, dan di penutup acara dilakukan penyerahan door prize bagi peserta beruntung.

Semangat para peserta pun semakin berkobar saat beberapa di antara mereka dipanggil, untuk menerima hadiah menarik tersebut.

Dengan kehadiran bupati dalam acara jalan santai bersama santri dan santriwati dalam menyambut tahun baru Islam, semakin terbuka pintu kerjasama antara pemerintah daerah dan lembaga keagamaan.

Dalam semangat toleransi dan harmoni antar umat beragama semakin menguat, membawa kabupaten HSS menuju masa depan yang lebih baik dan berkah dunia akhirat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023