Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan pembinaan terhadap personel satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) sebelum ditugaskan sebagai keamanan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di kabupaten setempat.

Kegiatan pembinaan Satlinmas dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten HST.

“Satlinmas kita berdayakan untuk menjaga keamanan serta mengawasi jalannya Pemilu tahun depan,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu.

Aulia menyebutkan Satlinmas tersebut akan bertugas dan melakukan pengawasan di tiap tempat pemungutan suara (TPS).

“Satlinmas memiliki peran penting untuk membantu pemerintah menjaga kedamaian Pemilu di daerah,” ucapnya.

Dia menuturkan Satlinmas dapat diandalkan untuk melindungi hak suara para pemilih serta memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.
Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi (tengah) foto bersama dengan peserta Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di TPS jelang Pemilu 2024, di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Selasa (18/7/2023). (ANTARA/HO-Pemkab HST)

Aulia mengungkapkan kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan tidak hanya untuk kepentingan Pemilu saja tetapi juga sebagai upaya meningkatkan kualitas Satlinmas agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan oleh pemerintah guna mewujudkan kondisi lingkungan yang aman bagi masyarakat.

Lebih lanjut, para personel Satlinmas harus memiliki sifat netral dan profesional serta patuh terhadap aturan hukum dalam menjalankan tugas selama pelaksanaan Pemilu.

Ia berharap Satlinmas tetap berkomitmen untuk mengawal dan memastikan proses Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar HST Subhani mengatakan kegiatan pembinaan Satlinmas tersebut dilaksanakan di 11 kecamatan se-kabupaten.

“Tahap pertama di Kecamatan Barabai, dihadiri sekitar 326 peserta,” katanya.

Subhani menyebutkan pelaksanaan pembinaan terhadap Satlinmas dilakukan secara bertahap.

Dia berharap kegiatan pembinaan tersebut dapat meningkatkan kesadaran anggota Satlinmas terhadap tugas pokok serta fungsi dalam rangka penyelenggaraan ketertiban masyarakat.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023