Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menggelar zikir dan do'a bersama atau Istigosah dalam menyambut tahun baru Islam satu Muharram 1445 hijryah 18 Jili 2023 yang berlangsung di Mesjid Agung Husnul Khotimah.

"Melalui kegiatan yang baik ini, saya mengajak semua kalangan baik pemerintah maupun masyarakat untuk memanjatkan do'a dan bersyukur karena kita masih diberi kesempatan memasuki 1 Muharam 1445 Hijriyah, " Kata Asisten I Setda Minggu Basuki di Kotabaru, Kamis.

Baca juga: "Tim Pejuang" juarai E-Sport MLBB Porwada Kalsel

Pemerintah daerah mengajak semua elemen masyarakat untuk melaksanakan doa bersama dalam memasuki tahun Baru Islam 1445 Hijryah serta memaknai Kemuliaan bulan Muharram sebagai momen melipat gandaan amalan yang dikerjakan.

"Salah satu makna yang bisa kita ambil yakni semakin menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," kata Basuki

Ia juga menghimbau dimomentum ini untuk berintrospeksi, berhijrah  maupun bertransformasi diri untuk lebih berkomitmen kuat menghilangkan  kekhilafan dan kesalahan serta berkomitmen penuh untuk senantiasa memperbaiki diri, keluarga dan masyarakat dalam semua ranah kehidupan sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Baca juga: Lapas Kotabaru buka layanan edukasi bagi pengunjung

Basuki mengingatkan, untuk senantiasa menjalin silaturahmi serta memperkuat jalinan ukhuwah islamiah sebagai modal pembangunan menuju Kabupaten Kotabaru yang maju dan Berkualitas.

"Selain tujuan digelarnya Istigosah untuk mengedukasi dan menyiarkan kepada masyarakat, Perayaan Tahun Baru Hijriah merupakan salah satu agenda penting, dengan beragam sejarah," ujarnya.

Kegiatan ini di rangkai dengan sholat Magrib berjamaah, sholat hajat, pembacaan surah Yasin, Solawat kamilah doa akhir tahun dan di tutup dengan doa awal tahun.

Baca juga: Kadis PUPR pimpin monitoring pemeliharaan jalan Batu Tunau

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023