Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mencetak sebanyak 1.144 sarjana program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Wisuda ke-112 tahun 2023 yang digelar di Auditorium ULM di Banjarbaru, Kalimantan Selatan hari ini.

"Alhamdulilah program MBKM yang digagas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim telah berhasil dijalankan ULM yang meluluskan ribuan sarjana," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarbaru, Selasa.

Menurut dia, kebijakan MBKM merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa yang memiliki kompetensi pembeda sehingga menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.   

Melalui program MBKM tersebut mahasiswa diberikan hak untuk tiga semester belajar di luar program studinya, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya. 

"Jadi pembelajaran tak berbatas hanya di ruang kelas, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat," jelasnya.
 
ULM melaksanakan Wisuda ke-112 di Auditorium ULM di Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Alim meyakini transformasi pembelajaran melalui MBKM telah berhasil membekali dan menyiapkan lulusan pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang unggul.

"Saat ini kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan lndonesia yang berkelanjutan di tangan para sarjana MBKM," tegasnya.

Selain 1.144 orang lulusan Program Sarjana (S1), pada wisuda kali ini ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) unggul di Kalimantan juga meluluskan 10 orang Program Diploma, 88 orang Program Magister, 1 orang Program Doktor Ilmu Pertanian, 10 orang Program Spesialis dan 47 orang Program Pendidikan Profesi sehingga totalnya 1.300 orang.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023