Satuan Tugas (Satgas) personil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS) mulai membangun jembatan di Dusun Paniuangan, Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung, HSS.

"Jembatan yang dikerjakan ini merupakan bagian dari pembuatan jalan yang akan menghubungkan Dusun Paniuangan, Desa Malilingin dengan Desa Lalapin, Kabupaten Tapin," kata Komandan Setingkat Kompi (Dan SKK) Satgas TMMD Ke 117 Kodim 1003/HSS, Lettu Inf Hendri, Senin (17/7).

Dijelaskan dia, jembatan yang dibangun terbuat dari kayu jenis ulin dengan lebar 4 x 4 meter, dan dibuatnya jembatan ini karena di jalan yang di buat ada terdapat aliran sungai, sehingga membutuhkan penyeberangan.

Baca juga: Satgas TMMD ke-117 Kodim 1003/HSS pelopori gotong royong pengambilan material

Dimana sebelumnya masyarakat menggunakan batang pohon untuk dapat melintas, maka apabila jembatan ini selesai nantinya mereka akan bisa di lebih nyaman dan aman membawa hasil kebun menuju Desa Lalapin.

"Untuk pekerjaan jembatan saat ini satgas sedang mengerjakan dua buah jembatan yang terbuat dari kayu jenis ulin,"ujarnya.

Menurut dia, TMMD tahun ini berkonsentrasi di Dusun Paniungan, yang merupakan salah satu wilayah yang tergolong terpencil jauh dari perkotaan, sehingga diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan dan kesejahteraan di HSS.

Baca juga: TMMD ke-117 Kodim 1003/HSS rehab gudang masjid


Warga setempat Rahmat, mengatakan program TMMD sangat membantu masyarakat, yang mana selain membuat jalan juga jembatan. Dulu hanya dengan batang pohon, kini dibangun lebih luas dan kuat terbuat dari kayu ulin.

"Dengan adanya jalan dan jembatan ini, kami masyarakat akan lebih mudah untuk membawa hasil kebun maupun hasil hutan untuk di jual ke desa sebelah," ucapnya yang juga ikut serta bergotong royong.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023