Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1003/Hulu Sungai Selatan (HSS) berikan contoh dan pelopori masyarakat bergotong royong dalam pengambilan material di sungai.

Lokasi sungai berdekatan dengan pembangunan pos kamling, di Dusun Paniungan, Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten HSS, Kalimantan Selatan.

"Gotong royong merupakan salah satu warisan budaya bangsa kita, yang terus dilestarikan dan dijaga," personil Satgas TMMD ke-117 Kodim 1003/HSS Serda Sukamto dalam keterangan, Jum'at.

Baca juga: Kodim 1003 HSS buka bersama personil, anak panti asuhan dan awak media

Dijelaskan dia, satgas akan terus memberikan contoh dan mempelopori, sehingga ke depan akan tumbuh jiwa sosial masyarakat saling bahu membahu, tolong menolong dalam menyelesaikan suatu pekerjaan

Pengambilan material dari sungai secara dengan bergotong royong ini menjadi sangat menyenangkan, karena pekerjaan yang berat akan menjadi lebih mudah di selesaikan dengan cepat.

"Selain itu bersama-sama masyarakat akan bisa menumbuhkan hubungan silaturahmi yang lebih baik, kehadiran Satgas TMMD bisa dirasakan manfaatnya, juga menumbuhkan rasa cinta rakyat kepada TNI begitu juga sebaliknya," ujarnya. 

Baca juga: Razia gabungan di Rutan Kandangan bentuk sinergitas penegakan hukum

Menurut dia, material yang diambil berupa batu sungai akan digunakan dalam pembangunan pos kamling, memanfaatkan bahan dari lingkungan akan membuat lebih mudah dan praktis, disamping di Dusun Paniungan merupakan salah satu dusun terpencil jauh dari toko material bangunan.

Warga setempat Safrudin,  mengaku gembira adanya personil Satgas TMMD, telah membantu dan menjadi pelopor dalam bergotong royong, mulai dari pengambilan material di sungai yang akan digunakan pondasi pos kamling.

“Kami sangat bangga dan siap bersama sama bergotong royong menyukseskan TMMD ke-117 Kodim 1003/HSS, agar masyarakat Dusun Paniungan bisa lebih sejahtera,” ucapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023