Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur menerima satu unit perahu bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diserahkan anggota DPR RI Syaifullah Tamliha.
 
Perahu berbahan fiber bantuan BNPB diserahkan Syaifullah secara simbolis kepada bupati didampingi Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy di Dermaga Desa Murung Kenanga Kecamatan Martapura, Jumat.
 
"Bantuan perahu berbahan fiber dari BNPB untuk penanggulangan banjir merupakan usulan bupati Banjar dan aspirasi masyarakat," ujar Syaifullah Tamliha yang merupakan anggota komisi VIII DPR RI.
 
Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel itu, jumlah perahu untuk penanggulangan banjir yang diberikan BNPB di Indonesia hanya sebanyak lima unit, tiga diantaranya diserahkan ke Provinsi Kalsel.
 
Disebutkan Tamliha, 2 unit perahu fiber berwarna orange itu diserahkan kepada Kabupaten Banjar yakni di Desa Pengaron dan Desa Murung Kenanga serta satu unit perahu lagi diberikan ke Kabupaten Balangan.
 
"Kami berharap, perahu bantuan dari pemerintah melalui BNPB ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk penanggulangan banjir. Namun kita semua berdoa agar tidak terjadi lagi banjir di seluruh Indonesia," ucapnya.
 
Diharapkan pula, perahu yang telah diserahkan kepada masyarakat tetap berada dalam pengawasan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar sehingga bisa saja diturunkan ke daerah lain.
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur berterima kasih atas dukungan yang diperjuangkan Syaifullah Tamliha selaku anggota DPR RI yang telah memperjuangkan aspirasi warga untuk mendapat perahu tersebut.
 
"Kami sangat berterima kasih atas perjuangan Pak Syaifullah Tamliha sehingga bisa menambah sarana untuk mendukung penanggulangan banjir yang selama ini sering terjadi di Kabupaten Banjar," ujar bupati.
 
Dikatakan Saidi, perahu yang sudah diterima tersebut bukan hanya untuk kebencanaan tetapi juga mendukung kesiapsiagaan terhadap banjir yang sewaktu-waktu melanda wilayah kabupaten setempat.
 
"Jadi, peralatan seperti perahu fiber ini menjadi sarana kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk keselamatan dan keamanan seluruh masyarakat," katanya.
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023