Festival Loksado Tahun 2023, di Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), selain menggerakkan pariwisata juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel yang sudah berhadir pada Festival Loksado, festival ini bukan hanya menggerakkan wisata tapi juga perekonomian," kata Bupati HSS H Achmad Fikry, di Alam Roh Tujuh Resort, Lok Lahung, Loksado, Ahad.

Dijelaskan Fikry, kehadiran pemerintah pusat dan pemerintah provinsi menjadi dukungan berarti bagi pihaknya, untuk terus mengembangkan Loksado sebagai objek wisata, salah satunya bamboo rafting.

Ke depannya pihaknya akan mencari format agar bambo rafting menjadi ikon HSS dengan adanya inovasi baru, dimaksudkan agar orang selalu tertarik untuk berkunjung ke Loksado.
 
Bamboo rafting puncak Festival Loksado 2023, di Loksado, Hulu Sungai Selatan,
Kalimantan Selatan, Ahad (9/7/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: Ketua DPRD HSS ajak sukseskan Festival Loksado 2023

Analis Kebijakan Ahli Muda/Penanggung Jawab (PIC) Kharisma Event Nusantara Wilayah Kalimantan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Arum Damarintiyas mengatakan Festival Loksado menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah.

Sekaligus menjadi semangat masyarakat Kabupaten HSS untuk terus menjaga harmonisasi alam sekitar, dan budaya yang hidup di Kabupaten HSS.

"Budaya ini untuk mendorong pertumbuhan kunjungan wisatawan, seperti kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat HSS," ucap Arum.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifudin, merasa bangga dan sangat mengapresiasi kepada Bupati HSS dan jajaran, yang berupaya memajukan pariwisata dengan penyelenggaraan Festival Loksado secara berkelanjutan.
 
Bamboo rafting puncak Festival Loksado 2023, di Loksado, Hulu Sungai Selatan,
Kalimantan Selatan, Ahad (9/7/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: Bupati ingatkan HSS tuan rumah Festival Loksado berikan layanan terbaik

Menurut dia, melalui festival ini, informasi tentang kekayaan budaya, kekayaan alam, dan keunikan pariwisata di daerah Loksado akan tersebar luas.

"Promosi menjadi bagian penting dalam kemajuan pariwisata kita, jangan berharap pariwisata bisa maju jika lemah dalam hal promosi. Daerah Loksado menjadi potensi objek wisata yang sangat berpotensi, terutama bamboo rafting," ujarnya, saat membuka acara puncak festival.

Menandai puncak Festival Loksado dimulai dengan atraksi Kurung-kurung oleh perwakilan Menparekraf RI, Bupati HSS dan Kepala Dispora Provinsi Kalsel.

Kemudian sebagai penutup rangkaian acara dilakukan pelepasan bamboo rafting oleh perwakilan Menteri Parekraf, perwakilan Gubernur Kalsel, Bupati HSS dan Forkopimda HSS, yang start dari Alam Roh Tujuh Resort dan finish di Cottage Gunung Kantawan.

Baca juga: Beragam kegiatan bakal meriahkan Festival Loksado 2023
 
Bamboo rafting puncak Festival Loksado 2023, di Loksado, Hulu Sungai Selatan,
Kalimantan Selatan, Ahad (9/7/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023