Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan H Abiji mengatakan sebanyak 116 sekolah di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kenyamanan belajar bagi para guru maupun para murid. 

“Tahun ini kami akan melakukan perbaikan pada 116 sekolah di Balangan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan saat dikonfirmasi di Balangan, Jumat.

Baca juga: Polwan bantu pemerintah daerah tekan stunting di Balangan

Dia menuturkan dengan dilakukan perbaikan tersebut, diharapkan menambah kenyamanan bagi anak didik dan pengajar untuk melaksanakan aktivitas proses belajar mengajar menjadi lebih baik.

Terus dikatakannya, untuk sekolah yang dilakukan perbaikan sebanyak 116 sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), tiap sekolah dilakukan perbaikan sesuai dengan keperluan.

Untuk sekolah rusak yang mendapatkan perbaikan sesuai dengan usulan yang dilakukan sebelumnya oleh pihak sekolah, sehingga anggaran yang diberikan juga disesuaikan dengan kerusakan.

Baca juga: Pemkab Balangan laksanakan program pengembangan profesional

"Sifatnya rehabilitasi yaitu perbaikan, bukan pembangunan total," tambah Abiji.

Diketahui, beberapa waktu lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balangan juga melakukan perubahan status sekolah swasta menjadi negeri untuk tingkat TK/PAUD.

Terpisah, Kepala SDN Papuyuan Subandi mengatakan saat ini ada empat lokal yang digunakan, karena untuk kelas dua dan tiga tidak ada murid.

Subandi mengungkapkan kondisi bangunan SDN Papuyuan juga cukup sangat memprihatinkan, terlebih pada lokal kelas satu sebagian lantai kelas ada yang berlubang.

"Atapnya juga sudah berlubang, teras juga banyak yang berlubang kami pun meletakkan kayu seadanya agar tidak ada yang terperosok, kami juga ingin mengajukan perbaikan sekolah namun jumlah murid sangat minim," ungkapnya.

Baca juga: Pelatihan ecoprint ditargetkan tingkatkan ekonomi masyarakat

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023