Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Hulu Sungai Selatan (HSS) telah merampungkan beragam persiapan untuk gelaran Festival Loksado yang akan berlangsung selama tiga hari di mulai hari ini, Jum'at.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporapar HSS Ronaldy P Putra, di Kandangan, mengatakan untuk bamboo rafting pihaknya telah menyiapkan sebanyak 70 rakit bambu, namun ada saran dari luar peserta agar bisa ikut menikmati wisata susur Sungai Amandit.

“Meski mereka tidak mengikuti kegiatan dari awal, tapi ingin ikut dalam kegiatan bamboo rafting, sehingga kita dari panitia telah menyiapkan tambahan cadangan 15 rakit bambu,” ujar Ronaldy.

Dijelaskan Ronaldy, Selain telah menata panggung, pihaknya telah melakukan penataan areal-areal yang akan digunakan dalam kegiatan Festival Loksado.

Baca juga: Festival Loksado 2023 dipromosikan hingga ke mancanegara

Berdasarkan jadwal kegiatan di tanggal 7 dan 8 Juli 2023 akan dilakukan agenda tracking dan river tubing, dan tanggal 9 Juli 2023 dilaksanakan bamboo rafting atau berakit bambu menyusuri Sungai Amandit, sekaligus menikmati keindahan alam Loksado.

Festival Loksado rencananya juga akan dihadiri pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, tapi belum diketahui nama-nama yang akan datang.

“Hasil konfirmasi kita dengan pihak kementerian, mereka akan datang sebanyak enam orang perwakilan,” ucap Ronaldy.

Sebelumnya, Bupati HSS H Achmad Fikry, Sekretaris Daerah H Muhammad Noor dan rombongan melakukan peninjauan persiapan Festival Loksado, memastikan segala sesuatunya telah tertata dengan baik dan lancar, Kamis (6/7).

Baca juga: Ketua DPRD HSS ajak sukseskan Festival Loksado 2023

Dalam peninjauan ini, bupati dan rombongan mengecek berbagai aspek kesiapan festival, termasuk infrastruktur, keamanan, kenyamanan pengunjung, serta koordinasi dengan pihak terkait.

"Secara persiapan sudah siap, tapi ada beberapa hal yang harus juga kita matangkan sehingga dapat memberikan kesan bagi semua pengunjung," ujar Fikry.

Festival Loksado sendiri merupakan acara tahunan yang paling dinantikan di Kabupaten HSS, untuk menarik perhatian wisatawan dari seluruh Indonesia.

Festival ini akan menampilkan kekayaan budaya, alam, dan adat istiadat setempat, juga menjadi wahana bagi masyarakat lokal untuk memamerkan keindahan alam sekitar, serta kekayaan warisan budaya daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023