Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) mempromosikan agenda pariwisata Festival Loksado yang digelar pada 7-9 Juli 2023 tersebut hingga mancanegara.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan M Syarifuddin di Banjarmasin, Rabu, festival yang digelar di kawasan strategis pariwisata nasional Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan itu sangat potensial menarik wisatawan mancanegara.

Baca juga: Festival Loksado digelar 7-9 Juli 2023

"Khususnya wisatawan di daerah Asia Tenggara ini yang serumpun," ujarnya.

Diungkapkan Syarifuddin, Pemprov Kalsel gencar mempromosikan lewat media sosial dan dibantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk promosi festival tahunan di kawasan "Geopark Pegunungan Meratus Nasional" tersebut.

Menurut dia, Festival Loksado menjadi salah satu Karisma Event Nusantara (KEK) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

"Jadi selain kita berupaya mempromosikannya ke nasional dan internasional, Kemenparekraf tentunya juga melakukan promosi yang sama," ucap Syarifuddin.

Syarifuddin menyampaikan objek wisata Loksado sudah memiliki nama tidak hanya di nasional, tapi juga di dunia, hingga tidak sedikit wisatawan asing berkunjung ke sana.

Baca juga: Ketua DPRD HSS ajak sukseskan Festival Loksado 2023

"Kalau di negara-negara Asia sudah cukup dikenal, bahkan wisatawan Eropa juga sering ke Loksado," ungkap Syarifuddin.

Dengan digelar Festival Loksado ini, Syarifuddin optimis wisatawan mancanegara terutama dari negara Asia Tenggara tertarik untuk menyaksikan kegiatan tersebut.

"Loksado memiliki daya tarik tersendiri, karena di sana ada keindahan alam, kebudayaan warga Suku Dayak dan wisata bamboo rafting hingga pemandian air panas," tutur Syarifuddin.

Pada rangkaian Festival Loksado akan ditampilkan berbagai macam pertunjukan dari kesenian, budaya, dan kuliner khas masyarakat setempat.

Di antaranya bamboo rafting, river tubing, festival mahumbal (membakar nasi di bambu), malam hiburan, serta bazar UMKM dan ekonomi kreatif.

Lokasi objek wisata Loksado yang sudah dilengkapi sarana dan prasarana seperti penginapan dan infrastruktur jalan yang bagus tersebut juga memberikan gambaran kehidupan suku Dayak pegunungan.

Baca juga: Bupati ingatkan HSS tuan rumah Festival Loksado berikan layanan terbaik

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023