Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar program pelatihan kerja di Kota Banjarbaru untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tenaga kerja masyarakat di "Bumi Bersujud".

"Dinsos Tanah Bumbu telah mengirim delapan remaja untuk mengikuti pelatihan di panti rehabilitasi sosial tuna sosial barakat cangkal bacari, panti perlindungan rehabilitasi sosial anak dan remaja mulia satria," kata Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu Basuni, di Batulicin Kamis.

Dia mengatakan, mereka yang dikirim untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan adalah penerima manfaat sekolah PPRSAR Mulia Satria.

Basuni mengutarakan, ada dua kategori peserta yang berangkat pelatihan keterampilan. Yang pertama memiliki usia lebih dari 18 tahun diikutkan pelatihan di PRSTS Barakat Cangkal Bacari.

Sedangkan remaja yang memiliki usia kurang dari 18 tahun mengikuti pelatihan di PPRSAR Mulia Satria.

Sementara itu Kabid Rehabilitasi Sosial Maulidah menambahkan, peserta pelatihan akan menjalani pendidikan dan pelatihan selama enam bulan.

"Selama berada di asrama, peserta mendapatkan bimbingan spiritual, sosial, dan mental, selain menjalani pelatihan sesuai dengan jurusannya masing-masing," katanya.

Setelah lulus dari pelatihan maka yang bersangkutan mendapatkan sertifikat serta modal dan peralatan untuk membuka usaha.

Maulidah berharap selain mendapatkan keterampilan memulai usaha mandiri, mereka juga mampu mengentaskan kemiskinan di keluarganya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023