Warga Desa Kapar di Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan meminta pasar lokal direnovasi menyusul kondisinya yang kumuh dan kurang tertata.

Satu warga Desa Kapar Ika Rahmawati mengatakan lebih 20 tahun Pasar Kapar tidak pernah direnovasi sehingga tidak representatif lagi mengingat posisinya di wilayah perkotaan.

Baca juga: Kunjungan wisatawan lokal ke Tabalong capai 3 juta lebih

"Beberapa kali kami mengusulkan renovasi Pasar Kapar namun belum terealisasi hingga sekarang," ungkap Ika di Tabalong.

 Ia pun menyampaikan keinginan ini ke Wakil Ketua DPRD Tabalong H Jurni untuk bisa memperjuangkan aspirasi warga agar Pasar Kapar bisa lebih tertata dan nyaman.

 Hal senada juga dilontarkan Erwansyah warga RT 14 Desa Kapar yang menilai kesemrawutan Pasar Kapar karena ketidaktegasan pemerintah daerah dalam menata para pedagang.

Baca juga: Disnaker Tabalong: Gunakan Aplikasi KarirHub untuk bekerja di LN

 "Banyak toko yang difungsikan sebagai tempat tinggal dan posisi jalan memecah pasar menyebabkan kesemrawutan karena maraknya pedagang di pinggir jalan," ungkap Erwansyah.

Wakil Ketua DPRD Tabalong H Jurni meminta SKPD terkait segera membuat perencanaan terkait renovasi Pasar Kapar agar bisa masuk dalam APBD Perubahan 2023.

"Tahun 2024 bisa kita realisasikan asalkan perencanaannya telah masuk ke APBD Perubahan 2023," jelas Jurni saat meninjau Pasar Kapar.

Selanjutnya Desember 2023 bisa masuk tahap lelang dan renovasi Pasar Kapar menggunakan sumber dana APBD 2024.

Perwakilan Disperindagkop setempat Rafi mengatakan sejak 2021 master plan renovasi Pasar Kapar telah dibuat dan karena keterbatasan dana belum bisa direalisasikan.

"Master plan sudah kita buat sejak 2021 termasuk di dalamnya penataan parkir dan pembangunan ruang terbuka hijau," jelas Rafi.

Baca juga: Prevalensi stunting 2023 di Tabalong 7,2 persen

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023