Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Satuan Narkoba Polres Kotabaru bersama Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar tes urine terhadap operator speed boat dan anak buah kapal (ABK) angkutan Lebaran 1437 Hijriah.

"Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, kami bekerja sama dengan BNK Kotabaru Dinas Perhubungan Kotabaru serta instansi terkait menggelar tes urine, untuk mengantisipasi adanya awak transportasi yang mengonsumsi narkoba, sehingga membahayakan penumpangnya," kata Kapolres Kotabaru AKBP H Suhasto melalui Kasat Narkoba AKp Ubaldus Delo, di Kotabaru, Minggu.

Puluhan operator speed boat dan anak buah kapal yang mengangkut penumpang dan barang sembilan bahan pokok (sembako) antarpulau menjalani tes urine yang dilaksanakan di ruang Satuan Polisi Perairan Polres Kotabaru.

"Sebanyak 27 orang operator speed boat dan Anak Buah Kapal yang menjalani tes urine semuanya negatif," terangnya.

Menurut Ubaldus, dengan tidak adanya operator dan ABK yang mengonsumsi Narkoba, maka angka kecelakaan di laut dapat diminimalisir, dan penumpang tidak perlu was-was lagi.

Selain melakukan tes urine terhadap operator speed boat dan ABK, Satnarkoba Polres Kotabaru bersama BNK Kotabaru juga telah melakukan tes urine terhadap sopir angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) dan sopir travel di Terminal Induk Stagen, Kotabaru.

"Tes urine ini juga untuk memastikan keselamatan penumpang pada arus mudik, sehingga penumpang dapat lebih tenang," paparnya.

Sekretaris Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kotabaru AKP Sigit Chahyono menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan angkutan mudik lebaran.

"Tes urine bagi sopir dan awak angkutan umum ini dilakukan secara mendadak," katanya.

Dia mengharapkan cara seperti ini dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan transportasi.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016