Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pemilihan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2023.

“Banyak pemuda dan pemudi lokal yang ingin berperan memajukan Kota Banjarmasin,” kata Kepala Bidang Pariwisata Disbudporapar Kota Banjarmasin Fitriah dalam keterangan tertulis di Kota Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Banjarmasin libatkan milenial kirabkan Pemilu

Fitriah menyebutkan antusias pemuda dan pemudi di kota setempat sangat tinggi, ada ratusan peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi kompetisi pemilihan Nanang Galuh Kota Banjarmasin.

Proses seleksi  tersebut dilaksanakan oleh Pawadahan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin dibawah binaan Disbudporapar setempat.

Sementara itu, Ketua Pawadahan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin Ade Wahyu mengatakan pembukaan pendaftaran berlangsung pada 8-30 Juni 2023.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin jamin kesehatan hewan kurban Idul Adha 2023

“Peserta seleksi Nanang Galuh ada sebanyak 146 orang, mereka akan menjadi penggerak perubahan untuk masyarakat,” ucap Ade.

Ia menyebutkan seluruh peserta telah mengikuti rapat untuk diberikan arahan secara umum dari panitia pada Minggu (2/7) lalu di Aula Balai Kota Banjarmasin.

Para peserta tersebut menerima nomor urut peserta, pengukuran tinggi dan berat badan, pengenalan baju adat serta petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.

Baca juga: HUT Bhayangkara di Banjarmasin tekankan perdamaian jelang Pemilu 2024
Panitia pelaksana foto bersama dengan para peserta Pemilihan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2023 di Aula Pemkot Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (2/7/2023). (ANTARA/Humas Nanang Galuh Banjarmasin)

Lebih lanjut, seluruh peserta tersebut terbagi menjadi dua kategori diantaranya 54 orang peserta calon Nanang sedangkan 92 orang lagi merupakan para peserta calon Galuh.

Ade berharap sepasang peserta yang terpilih nanti dapat memberikan dedikasi dan pengabdian tinggi untuk memajukan Kota Banjarmasin khususnya pada sektor ekonomi kreatif (ekraf) dan pariwisata.

Menurutnya, Nanang Galuh memiliki tugas dan tanggung jawab cukup besar untuk menjawab tantangan zaman, mengedukasi generasi muda, mendorong pembangunan industri pariwisata serta mengenalkan pariwisata Kota Banjarmasin ke kancah nasional hingga mancanegara.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin luncurkan perbaikan rumah warga miskin 2023

Pemilihan Nanang Galuh tersebut sejalan dengan visi dan misi Kota Banjarmasin dalam pengembangan karakter generasi muda.

Ade menyebutkan pihaknya mempersiapkan segala kebutuhan dalam rangka kelancaran proses seleksi pemilihan Nanang Galuh Banjar Kota Banjarmasin 2023.

Kegiatan tersebut diikuti pemuda dan pemudi dari latar belakang pendidikan sekolah menengah atas (SMA), perguruan tinggi, dan umum.

Baca juga: BPJAMSOSTEK lindungi ratusan marbot di Banjarmasin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023