Polresta Banjarmasin jajaran Polda Kalimantan Selatan membantu merevitalisasi tempat ibadah bersejarah yaitu Masjid Sultan Suriansyah di Hari Bhayangkara ke-77 tahun yang diperingati 1 Juli 2023 hari ini.

"Tujuan revitalisasi ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya dengan cara membersihkan dan meningkatkan UMKM di kawasan yang menjadi bagian dari cagar budaya sejarah Islam,” kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo di Banjarmasin, Sabtu.

Masjid Sultan Suriansyah yang berlokasi di tepi Sungai Kuin, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara merupakan masjid tertua di Pulau Kalimantan dibangun antara tahun 1525-1550 Masehi, pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam.

Sultan Suriansyah yang meninggal pada sekitar tahun 1550-an di makamkan di lokasi yang tak jauh dari Masjid Sultan Suriansyah dan kini makamnya kerap menjadi tujuan para peziarah.

Sabana berharap dengan revitalisasi itu masyarakat setempat bisa semakin sejahtera dan makmur sekaligus terbangunnya kesadaran agar peduli merawat cagar budaya yang wajib terus dilakukan.

"Tidak hanya dilakukan di masjid dan makam Sultan Suriansyah, kami juga melakukan revitalisasi di kawasan kubah Basirih (Habib Hamid Bahasyim) dan Masjid Jami Banjarmasin," ucapnya.
 
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo menyerahkan bantuan kepada para UMKM di sekitar Masjid Sultan Suriansyah. (ANTARA/Firman)


Kapolresta menyampaikan program revitalisasi cagar budaya dan agama itu sebagai wujud Polri yang Presisi peduli sejarah dan pembangunan di seluruh negeri.

"Ke depan kami ingin program ini terus dilakukan, tentunya bersama-sama pemerintah daerah agar masyarakat lebih sejahtera," ujarnya.

Pada kesempatan doa bersama lintas agama, pembukaan bazar UMKM dan revitalisasi cagar budaya atau agama di Masjid Sultan Suriansyah itu juga dilakukan penyerahan tali asih kepada anak-anak yatim, penyerahan tropi juara Dai Cilik, bantuan gerobak pentol, tenda untuk pedagang dan hadiah kepada pemenang undian bagi warga yang beruntung.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023