Kalangan DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan menggandeng Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) mengajukan usulan  mengoptimalisasi jaringan Internet untuk peningkatan pelayanan publik di beberapa wilayah Bumi Saijaan.

"Kunjungan ini untuk mengajukan usulan dalam mengoptimalisasikan  jaringan internet layanan publik, dan masih adanya jaringan blank spot di kecamatan kecamatan," kata ketua DPRD Syairi Mukhlis melalui siaran pers di Jakarta, Jumat.

Syairi mengemukakan, DPRD terus berupaya mempercepat layanan akses internet bagi masyarakat dengan melaksanakan Konsultasi serta mengajukan usulan  pemenuhan jaringan internet untuk ayanan publik  ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.

Ia menambahkan, jaringan internet di beberapa kecamatan harus di optimalkan untuk mendukung program Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) hingga ke desa desa.

" Dengan perkembangan era digitalisasi maka perlu persiapan salah satunya adalah penunjang jaringan internet harus maksimal," ujarnya.

Plt. Kadis Kominfo Kotabaru Gusti Abdul Wakhid menjelaskan, wilayah Kabupaten Kotabaru merupakan daerah terluas diwilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan mempunyai pulau-pulau yang terpisah.

Sehingga masih adanya pelayanan publik yang terhambat dikarenakan masih adanya jaringan blank spot dan sinyal lemah,selain itu perlunya penambahan perbaikan jaringan sebagai langkah untuk mendukung program pemerintah.

"Kami dengan DPRD bersama sama mengusulkan hal tersebut sebagai pemenuhan pelayanan yang baik bagi masyarakat," kata Wahid.

Menurutnya, pemenuhan jaringan internet perlu di maksimalkan agar  pelayanan publik tidak terhambat dan terganggu di sebagian wilayah sehingga program dari pemerintah dapat terintergrasi dengan baik.

Sementara itu, perwakilan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI bidang Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Nanang Fakhturahman, menyampaikan bahwa Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastruktur digital bagi seluruh wilayah Indonesia.

"BAKTI Kominfo mempunyai 6 program utama diantaranya, pembangunan BTS di daerah 3T dan pembangunan ekosistem digital," kata Fakhturahman

Fatkhurahaman menggambarkan, Bakti Kominfo mempunyai visi untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia dan dapat dijalankan dengan melibatkan  BUMDesa.

"Sehingga terjadi kemandirian dan keberlanjutan dalam pemanfaatan Tekekomunikasi dan Informasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," demikian Fakhturahman 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023