Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengundang pelatih tim nasional Asean Games cabang olahraga Karate Sensei Omita Olga Ompi untuk melaksanakan latihan bersama di depan kantor Sekdaprov Kalsel pada Jumat.
 
Latihan bersama tersebut diikuti ratusan karateka dari atlet Pra Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kalsel dan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kalsel.

Baca juga: Perlu metode khusus bina atlet Karate di Kalsel
 
Di dampingi Sensei Omita Olga Ompi, Gubernur Kalsel yang juga Ketua Forki Kalsel memimpin latihan gerakan kihon dan gerakan kata diikuti seluruh karateka.
 
Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut mengatakan, latihan bersama ini untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran karateka.
 

Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan karateka dalam menghadapi Pra PON pada Agustus ini di Kalsel sendiri sebagai tuan rumahnya.
 
"Untuk atlet Karate Kalsel bisa berprestasi di ajang PON 2024 di Aceh dan Sumut," ucapnya.
 
Karena dia optimis, dengan kemajuan pembinaan olahraga Karate saat ini, Kalsel akan banyak meloloskan atlet ke PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara tersebut.

Baca juga: FORKI HSU raih 18 medali kejuaraan Paman Birin
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan, latihan karate ini untuk memberikan semangat kepada atlet yang akan bertanding di Pra PON dan menggelorakan semangat olahraga di masyarakat.
 
Ditambahkan Manager Tim Pra PON Forki Kalsel Toetos, saat ini sudah terjaring 30 atlet karateka untuk mengikuti Pra PON 2023.
 
Dikatakanya, penjaringan atlet dimulai dari April sampai Mei 2023.Kemudian para atlet melakukan latihan pada bulan Juni hingga Agustus.
 
"Kita optimis dibawah binaan Gubernur Kalsel, olahraga karate Kalsel lebih berjaya," ujarnya.

Baca juga: Atlet INATKF HSS wakili Indonesia di Asia Oceania Traditional Karate Uzbekistan
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat memimpin latihan bersama karate didampingi Pelatih Timnas Karate Asean Games Sensei Omita Olga di halaman Kantor Sekdaprov Kalsel di Banjarbaru, Jumat. (ANTARA/Ho-dokpim Kalsel )
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023