Kontingen atlet dari Federasi Olahraga Karate - Do Indonesia (FORKI) Hulu Sungai Utara ((HSU) sukses membawa pulang sebanyak 18 medali dari Kejuaraan Terbuka Karate Piala Paman Birin (South Borneo Open Karate Championship Paman Birin Cup) 2022

Sebanyak 1300 lebih atlet karate yang berasal dari  beberapa daerah dari Pulau Kalimantan dan luar Kalimantan beradu laga di kejuaraan yang di helat di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru, 21 - 23 Desember ini.

"Kami merasa bangga kepada tim yang mengikuti kejurnas Paman Birin Cup 2022 di Banjarbaru karena dari emas yang kami targetkan 3 medali ternyata mampu meraih 4 medali emas," ujar Ketua Umum FORKI HSU Khairuddin di Amuntai, Minggu.

Event yang diharapkan menjadi wahana untuk pencarian bibit karate yang berprestasi dan dapat menjadi generasi penerus bagi karateka di banua ini menjadi ajang evaluasi dan tolak ukur serta moment yang tepat untuk membentuk karakter dan mental yang tangguh bagi individu - individu banua yang memiliki bakat seni bela diri.

Berkekuatan 52 atlet dan 6 official pelatih, FORKI HSU berhasil meraih 18 medali yang terdiri dari 4 medali emas, 7 perak dan 7  perunggu. Tim karate HSU berhasil berada di posisi 8 dari jumlah 34 kontingen dan jumlah peserta hampir 1500 orang seluruh Kalimantan dan sebagain dari Pulau Jawa

Untuk 4 medali emas masing - masing diraih oleh M.Ichsan Machmoed sebagai juara 1 kelas kumite - 30kg Putra, Muhaimin Rudi juara 1 kelas kumite U21 -60 kg putra, Lulu Salsabila juara 1 kumite kadet putri - 54 kg dan Putri sebagai juara 1 kata perorangan putri U21.
 
Ketua FORKI HSU Khairuddin bersama para atlet Karate yang berprestasi di Kejuaraan Terbuka Karate Piala Paman Birin (South Borneo Open Karate Championship Paman Birin Cup) 2022, Minggu (25/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Sedangkan 7 medali perak masing - masing diraih oleh Avaralia SS juara 2  kumite perorangan putri -61 kg,Mahmudah kelas kumite senior -68kg putri,Amelia kelas kumite U21 -55 kg putri, Nida Alieya Ilmi kelas kumite kadet putri -54 kg, Nida Alieya kelas kata kadet putri, Akh Haikal Idris kelas kata U21,dan Yandi kelas kumite senior -55 kg.

Sementara untuk 7 medali perunggu masing - masing diraih Munadillah Al Munirah kelas kumite +54 kg kadet 
Putri dan kelas kata kadet putri, M.Rif'at kelas kumite -35 kg pra pemula putra , Muzdalifah kelas kata pra pemula putri,M.Reza Fahlevi kelas kumite U21 -67 kg, M.Zaki Mubaraq kelas kumite pemula Putra -40 kg dan Akhmad Yogi Suryatama kelas kumite kadet -70 kg putra.

Khairuddin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu FORKI HSU  Pemerintah daerah, terkhusus sensei H Adi Lesmana yang telah banyak memberi masukan terhadap kemajuan FORKI HSU

Sementara official dan pelatih tim FORKI HSU  Thonie Iswanto dan M.Helmi juga meapresiasi para atlet yang telah meraih prestasi dengan mendapatkan 4 medali emas yang seyogyanya hanya 3 yang ditargetkan.

"Kita berharap para atlet tidak merasa puas dan terus semangat berlatih karena masih banyak ajang - ajang prestasi mendatang yang bisa diraih," katanya.

Sebagai bentuk penghargaan kepada atlet yang telah mengikuti kejuaraan Paman Birin Cup 2022 di Banjarbaru, FORKI HSU melalui Ketua Umumnya secara langsung menyerahkan Piagam Penghargaan yang dilakukan di Aula Kodim 1001 Amuntai, Minggu (25/12) yang bersamaan dengan giat latihan gabungan antar perguruan karate di HSU.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022