Bupati Balangan Abdul Hadi berpesan kepada jamaah calon haji Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan untuk menjaga kesehatan saat beribadah dan mematuhi instruksi para pembimbing haji.

“Kami berpesan kepada para jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan serta taati peraturan dan saling membantu antar jamaah saat berada di tanah suci,” kata Abdul Hadi saat melepas jamaah calon haji Balangan di Halaman Masjid Al-Akbar, Rabu.

Baca juga: Bupati berharap calhaj Tanah Laut disiplin mengatur waktu

Bupati melanjutkan siapkan fisik karena ibadah haji itu perlu fisik dan tenaga yang kuat, karena pada bulan ini cuaca di sana panasnya bisa melebihi di sini dan tolong jaga kesehatan dengan baik.

“Perbanyak minum air putih serta kalau perlu konsumsi vitamin atau suplemen untuk menambah daya tahan tubuh,” ujar bupati.
Selain itu jamaah calon haji juga diarahkan untuk mengikuti imbauan dan arahan petugas atau panitia haji maupun ketua rombongan, karena semua aturan imbauan dan arahan itu tentunya bertujuan agar nyaman dan khusyuk dalam beribadah.

Kemudian saat dalam pelaksanaan ibadah haji mengurangi dokumentasi dengan berselfie, dokumentasi pribadi boleh saja tetapi jangan berlebihan karena hal itu juga jadi salah satu imbauan dari panitia haji.

Baca juga: Bupati Tanah Laut imbau jamaah calhaj disiplin mengatur waktu

Terakhir Abdul Hadi menuturkan masyarakat Balangan pasti mendoakan dan sangat berharap semua jamaah calon haji mendapat pahala haji mabrur/mabrurah, dan pada waktunya nanti pulang kembali ke Banua dalam keadaan sehat walafiat.

Sementara Kepala Kemenag Balangan Saribuddin mengatakan total seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten Balangan berjumlah sebanyak 190 orang yang dilakukan pelepasan pada hari ini.

Saribuddin mengungkapkan Balangan tergabung dikloter 13 Kalimantan Selatan bersama dengan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tabalong.

Dia menjelaskan jamaah calon haji tertua berumur 84 tahun asal Kecamatan Batumandi dan yang termuda berusia 25 tahun asal Kecamatan Halong.

“Untuk jamaah hari ini masuk asrama pukul 15.00 wita dan besok berangkat pukul 17.00 wita, serta nanti kedatangan pada 27 Juli pukul 14.00 wita,” jelas Kepala Kemenag Balangan.

Baca juga: 433 calhaj Tabalong berangkat tahun ini

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023