Kepala Seksi Pelaksanaan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan H Husni Thamrin mengatakan 433 calon jemaah haji Tabalong akan berangkat tahun ini.

"Calon jemaah akan diberangkatkan dalam dua kloter yakni 29 Mei 2023 dan 14 Juni 2023," jelas Husni di Tabalong, Selasa. Calhaj yang masuk kloter 2 sebanyak 323 orang dan kloter 13 embarkasi Banjarmasin 110 orang.

Baca juga: Info Haji - Kemenkes operasikan klinik kesehatan di Mekkah dan Madinah

Husni menambahkan para calhaj asal Tabalong telah melaksanakan manasik haji kedua pada Senin (22/5) di Islamic Center dan saat ini masih menunggu distribusi koper dari Kemenag Provinsi Kalsel.

 Sebelumnya manasik haji pertama diikuti 417 calhaj dan manasik kedua diikuti 433 calhaj terkait materi pelaksanaan ibadah haji yang disampaikan petugas Kemenag Tabalong mulai dari ilmu fiqih, layanan umum hingga kesehatan.
Di Kantor Kementerian Agama setempat tercatat 378 calhaj tahun 2023 telah mengonfirmasi berangkat ke Tanah Suci mencakup 237 calhaj tunda tahun 2020 dan 2022 yang sudah melakukan pelunasan.

Ditambah jamaah urutan porsi sebanyak 143 orang, cadangan 51 orang dan mutasi masuk 2 orang yang telah melunasi BPIH.

Sementara itu para calhaj yang akan diberangkatkan wajib vaksin COVID-19 dosis kedua jelas Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tabalong, Budi Gunawan.

 "Vaksin COVID-19 menjadi syarat keberangkatan haji yang telah ditetapkan Arab Saudi dan cakhaj wajib vaksin dosis kedua," jelas Budi.

Namun Dinkes Tabalong tetap mengupayakan seluruh calon jamaah haji asal 'Bumi Saraba Kawa' ini mendapatkan vaksin booster COVID-19 dosis ketiga.

Baca juga: Bupati dan Wabup doakan JCH Banjar raih haji mabrur

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023