Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta mengimbau, kepada seluruh jamaah calon haji (calhaj) asal Tanah Laut  untuk senantiasa disiplin dalam mengatur waktu. 

Dia juga berharap,  seluruh jamaah diberikan kesehatan dan perlindungan selama menjalankan ibadah haji dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

“Selamat jalan, selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan kepada Bapak-Ibu sekalian selama menunaikan ibadah haji. Semoga menjadi haji yang mabrur dan pulang dengan selamat,” ujar HM Sukamta, pada saat melepas secara resmi rombongan Jamaah Calon Haji Kabupaten Tanah Laut Tahun 1444 Hijriah/2023, di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Rabu.

Menurut bupati, saat ini di Arab Saudi dikabarkan sedang memasuki cuaca panas oleh karena itu jangan sampai abai untuk mengkonsumsi air minum agar terhindar dari dehidrasi. 

Dia juga mengimbau, setiap jamaah untuk terus menjaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat.

“Kepada seluruh Jamaah Calon Haji Tanah Laut untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat secara disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik, juga perhatikan kemampuan dalam beribadah sunat jangan terlalu dipaksakan,” pinta bupati

Sukamta juga berpesan kepada para pendamping dan tenaga kesehatan jamaah calon haji tahun 1444 H agar fokus untuk memberikan layanan kepada seluruh jamaah. 

Pendamping dan tenaga kesehatan  ditugaskan ikut sampai ke Arab Saudi, dia mengharapkan, dapat mendampingi dan memberikan perawatan kepada para jamaah calon haji.

Salah seorang tenaga kesehatan Desy Bunga Sari mengatakan, pihaknya dan seluruh tenaga kesehatan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada para jamaah calon haji. 

"Kita bertiga sudah berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik kepada setiap jamaah calon haji," kata Desy. 

Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Tanah Laut  diberangkatkan sebanyak 312  orang, mereka  berangkat pada kloter 11 dan kloter 12. 

Terjadwal, Jamaah Calon Haji Kabupaten Tanah Laut  akan bertolak dari Tanah Laut  direncanakan masing-masing pada tanggal 11Juni dan tanggal 20 Juni 2023 menuju asrama haji dan akan berangkat ke Arab Saudi satu hari setelahnya. 

Pada kesempatan itu digelar Salat Zuhur dan Salat Hajat berjamaah  diikuti seluruh calon jamaah haji dipimpin oleh Ketua MUI Tanah Laut HM Syahrani. 




 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023