Madrid, (Antaranews Kalsel/Reuters) - Real Madrid telah mengaktifkan klausa pembelian kembali untuk memboyong penyerang Spanyol Alvaro Morata kembali ke Bernabeu dari Juventus, demikian sang juara Eropa mengumumkan pada Selasa.

Morata, yang merupakan pemain didikan Real, dijual ke Juve dua tahun silam, dan mencetak 12 gol untuk tim Italia itu pada musim lalu, membantu mereka mengamankan gelar Liga Italia dan Piala Italia.

"Real Madrid telah menginformasikan kepada Juventus mengenai keputusannya untuk membeli kembali hak-hak registrasi pemain Alvaro Morata, yang akan bergabung dengan tim pertama untuk latihan pra musim di bawah asuhan Zinedine Zidane," kata pernyataan Real.

Sebelumnya Morata telah mengungkapkan keinginannya untuk kembali ke Real, namun laporan-laporan media mengindikasikan bahwa Real berharap dapat menangguk keuntungan secepatnya dengan menjual sang penyerang ke klub Inggris, kemungkinan ke Arsenal atau Chelsea.

"Real akan menjalankan hak pembelian kembali dan akan menginformasikan kepada kami dalam bentuk tertulis pada beberapa hari mendatang. Kami akan mengevaluasi apa yang perlu dilakukan," kata ketua eksekutif Juve Giuseppe Marotta, pada Selasa pagi.

Morata, yang klausa pembelian kembalinya dilaporkan bernilai sekitar 23 juta euro, saat ini memimpin lini depan juara bertahan Spanyol di Piala Eropa, dan mengemas dua gol saat menang 3-0 atas Turki pada pertandingan Grup D yang berlangsung pada Sabtu.

Salah satu penampilannya yang menjadi sorotan saat berseragam Juventus adalah saat mencetak gol ke gawang bekas klubnya Real pada dua leg semifinal Liga Champions mereka pada 2015, untuk membantu tim Italia itu mencapai partai puncak.

Morata, yang dikontrak raksasa Turin itu sampai Juni 2020, merupakan produk akademi sepak bola Real dan telah mencatatkan 37 penampilan dalam empat musim dengan tim pertama sebelum dijual ke Juve dengan nilai 20 juta euro.

Sementara itu, spekulasi perihal masa depan gelandang berpengaruh Juve asal Prancis Paul Pogba semakin intens setelah agennya Mino Raiola mengonfirmasi pembicaraan seputar transfer potensial dengan Real telah dimulai.

Bagaimanapun, Marotta dengan cepat menepis asumsi bahwa Pogba akan menyusul Morata ke Spanyol.

"Tidak ada tawaran-tawaran resmi yang sampai," ucapnya. "Bagi kami, ia merupakan pemain yang tak tergantikan. Raiola adalah agen hebat dan kami memiliki hubungan yang hebat dengannya."
   
"Perkembangan Paul belum selesai, dan ia akan tampil baik jika ia bersama kami untuk tahun-tahun mendatang."
(H-RF)

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016