Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin gembira karena salah satu program unggulan yang digagasnya yakni Rukun Tetangga (RT) Mandiri mampu menghasilkan keuntungan.
 
"Alhamdulillah, kami gembira karena kelompok masyarakat (pokmas) pelaksana program RT Mandiri telah mampu meraih keuntungan ratusan juta," ujar wali kota di Aula kantor Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Ketua DPRD Banjarbaru dorong program RT Mandiri lebih inovatif
 
Pernyataan itu disampaikan wali kota usai penyerahan dana bantuan program RT Mandiri kepada 11 kelompok masyarakat di Kecamatan Cempaka yang masing-masing menerima uang sebesar Rp75 juta.
 
Menurut Aditya, salah satu kelompok masyarakat yang telah berhasil menjalankan program RT Mandiri yakni Pokmas Budi Rahayu dengan meraih keuntungan sebesar Rp170 juta dari modal Rp75 juta. Om
 
"Kami mengharapkan, keberhasilan yang dicapai pokmas di Budi Rahayu memacu semangat pokmas-pokmas di kecamatan dan kelurahan lainnya sehingga kesejahteraan masyarakat makin meningkat," ucap Aditya.

Baca juga: Ketua DPRD Banjarbaru apresiasi program RT Mandiri
 
Ditekankan wali kota, pihaknya akan terus melanjutkan program RT Mandiri yang sudah dua tahun berjalan karena mulai kelihatan keberhasilan dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan pokmas.
 
"Kami berupaya agar program RT Mandiri terus berlanjut karena sudah kelihatan hasilnya dari keuntungan yang diraih pokmas. Harapan kami, kegiatan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
 
Camat Cempaka Dedi Haryadi mengatakan, pihaknya mendukung program RT mandiri yang menjadi salah satu program unggulan Wali Kota Banjarbaru dan sudah berjalan selama dua tahun.

Baca juga: Wartono minta camat dan lurah monitor program RT Mandiri
 
"Kami mendukung program RT Mandiri dan berharap terus berlanjut sehingga dana bantuan Pemkot Banjarbaru bisa digunakan untuk mendorong kemajuan perekonomian masyarakat," ujarnya.
 
Dikatakan, program bantuan sosial RT Mandiri di Kecamatan Cempaka tahun 2022 telah disalurkan kepada 12 kelompok masyarakat yang tersebar pada empat kelurahan di kecamatan setempat.
 
Diketahui, program RT Mandiri sejak 2022 berjalan dengan baik dan 60 pokmas sudah diberikan bantuan untuk digunakan sesuai potensi wilayah dan tahun 2023 ditambah 60 pokmas penerima bantuan.
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023