Saudah, mahasiswi Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil menyumbangkan medali perak di cabang olahraga renang di ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

"Selamat atas prestasi saudari Saudah di kancah internasional, Indonesia bangga dan  ULM khususnya sangat berterima kasih sudah dibuat harum namanya," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM Muhamad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Peneliti muda bangun sistem kolaboratif dukung upaya konservasi bekantan

Pada babak final di nomor 400 meter gaya bebas putri, Saudah membukukan catatan waktu 7 menit 46 detik yang membuatnya berada di posisi kedua di belakang perenang Indonesia lainnya Riyanti dengan waktu 6 menit 56 detik untuk raihan medali emas.

Sedangkan di posisi ketiga ada atlet Filipina Beariza Josephine Pulache Roble dengan catatan waktu 7 menit 51 detik yang meraih medali perunggu.
 
Rusmin memastikan bakal ada apresiasi khusus dari Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri bagi setiap mahasiswa berprestasi nasional dan internasional.

Dia pun menjamin dukungan sepenuhnya pimpinan ULM kepada setiap kegiatan positif mahasiswa di luar kampus termasuk bidang olahraga.

Bahkan setiap dosen diingatkan senantiasa memberikan keringanan bagi mahasiswanya ketika mengikuti perlombaan agar proses perkuliahannya tetap dimudahkan.

Apalagi setiap prestasi mahasiswa di kancah nasional dan internasional untuk juara satu sampai tiga harus dilaporkan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengingat saat ini perguruan tinggi dituntut untuk memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) di mana salah satunya menilai dari prestasi mahasiswa.
Saudah meraih medali perak cabang olahraga renang di ASEAN Para Games 2023 di Kamboja. (ANTARA/Kemenpora)

Baca juga: Peristiwa Kalsel kemarin, Basarnas evakuasi tiga warga celaka hingga Karhutla

ASEAN Para Games yang merupakan pesta olahraga atlet disabilitas Asia Tenggara berlangsung di Kamboja 3 hingga 9 Juni 2023.

Indonesia yang berkekuatan kontingen 500 orang menargetkan juara umum dengan perolehan 121 medali emas, 92 medali perak dan 84 medali perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo menyatakan bonus untuk peraih medali pada ASEAN Para Games disamakan dengan peraih medali SEA Games Kamboja 2023.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023