Forum Generasi Berencana (genre) Kalimantan Selatan, bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan sosialisasi kepada pelajar di SMKN 1, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, dalam upaya memberikan pemahaman tentang gizi dan pencegahan anemia kepada pelajar

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung Rabu itu merupakan program INI GENTING atau Implementasi Nyata Genre Jaga Stunting,  yaitu program pencegahan stunting yang dimulai dari remaja.

Ketua Forum Genre Kalimantan Selatan, Muhammad Firdaus,  menyampaikan, pihaknya merupakan fasilitator program INI GENTING, dan di Indonesia untuk saat ini terdapat Ada  12 lokus yang menjadi sasaran program INI GENTING,  salah satunya Kalimantan Selatan.

Menurut Firdaus, setiap lokus diberikan target untuk memaparkan materi dan infomasi program ini genting kepada pelajar mulai usia 15 sampai 19 tahun, dengan harapan para pelajar paham terhadap kebutuhan gizi untuk dirinya, sebagai langkah preventif pencegahan stunting

“Kemudian setelah paham terghadap pencegahan stunting dari pemenuhan gizi tersebut, harapannya remaja disini perlu paham bagaimana caranya untuk mencegah anemia, dimulai dari diri sendiri, lalu lingkungan sekitar, sekolah dan lain sebagainya” kata Firdaus.

Lebih lanjut Firdaus menambahkan, untuk Forum Genre Kalimantan Selatan mendapatkan target 35.500 pelajar lebih, agar terpapar program INI GENTING tersebut.

Selain program INI GENTING, bersama dengan BKKBN, Forum Genre, juga mensosialisasikan program Tentang Kita, yaitu program untuk memberikan pemahaman keterampilan hidup (Life Skill) dan juga pemahaman tentang kekerasan seksual, dengan harapan kasus  kekerasan seksual terhadap pelajar dapat di tekan.

“Program tentang kita itu adalah sebuah modul, sebuah bahan ajar untuk di ajarkan kepada remaja di Indonesia, untuk dapat memberikan pemahaman tentang life skill atau keterampilan hidup, yang sangat berguna bagi remaja dalam menyongsong masa depan”, Kata Firdaus.
 
Pelaksanaan edukasi oleh Foum Genre bersama BKKBN Kalsel dalam rangka memberikan pemahaman tentang gizi dan pencegahan anemia kepada pelajar di SMKN 1 Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar ( 31/5/2023) (ANTARA/Latif Thohir)

Sementara itu,Farisa dan Ayu Pratiwi,  pelajar SMKN 1 Sungai Tabuk, peserta sosialisasi menyampaikan,  dengan adanya sosialisasi tentang anemia, stunting dan gizi tersebut, menurut mereka sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.

Merekapun berharap kedepannya bisa membagikan informasi yang mereka dapatkan kepada pelajar lainnya.

“Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi kami untuk menambah wawasan, sangat luar biasa bagus sekali dan kami berharap kedepannya bisa bagi informasi kepada yang lainnya dan kami juga bisa mempelajarinya gitu lo,” kata Farisa dan ayu.

Pada kegaiatan sosialisasi yang di ikuti oleh ratusan pelajar ini, juga dihadiri Oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, BKKBN Pusat, Nopian Andusti, yang dirampingi oleh rombongan yang terdiri dari sejumlah pejabat perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan.

Pada kunjungan ini, Nopian Andusti, juga berkesempatan memberikan materi tentang pemahaman gizi dan pencegahan anemia kepada para siswa yang hadir.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023