Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, segera membentuk lima posko kesehatan melayani masyarakat yang hendak mudik berlebaran untuk memeriksakan kesehatan dan beristirahat saat dalam perjalanan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H. Damrah di Batulicin, mengatakan setiap posko rencananya ada tiga ahli medis terdiri dari satu dokter dan dua perawat yang berjaga selama 24 jam secara bergiliran.

"Selain menyediakan tenaga medis kami juga bekerja sama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti Satpol PP Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk membantu dalam melayani para pemudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1437 hijriah," katanya.

Mereka yang bertugas akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, seperti Dishub akan memantau arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan, Kepolisian akan membantu memantau arus lalulintas dan menangani adanya tindakan kriminal di jalan raya.

Ia mengatakan, posko tersebut tidak sebatas melayani kesehatan masyarakat selama lebaran tetapi juga melayani masyarakat di sekitar posko yang hendak memeriksakan kesehatanya dengan gratis.

Posko yang rencana dibuat pada H-7 tersebut terdapat di Pelabuhan Fery Batulicin, depan pasar minggu Kecamatan Simpang Empat, Perbatasan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tanah Laut, di depan pasar Kecamatan Kusan Hilir, dan di tempat keramaian wisata rindu alam.

Keberadaan posko mudik tersebut rencananya akan terus beroperasi hingga H+8 Hari Raya Idul Fitri untuk memantau arus balik lebaran.

"Mengantisipasi musim lebaran tersebut, Dinkes Tanah Bumbu juga menyiapkan beberapa mobil Ambulans dan obat-obatan yang sudah disiapkan untuk melayani para pemudik di posko pelayanan bila pemudik terkena sakit dan mengalami keluhan kesehatan saat berkendara," ujarnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016