Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, berkomitmen mendukung perwujudan cita-cita generasi muda Indonesia dalam kontribusinya mempersiapkan mereka menjadi tenaga kerja berkualitas.


Chief Administration Officer, PT Trakindo Utama Maria T. Kurniawati dalam siaran persnya mengatakan, sejalan dengan visi pemerintah, Trakindo memandang cita-cita sebagai salah satu aspek utama dalam kehidupan untuk kemajuan bangsa.

Menyongsong era perekonomian penuh tantangan, penting bagi generasi muda Indonesia memiliki cita-cita untuk selalu maju dan meningkatkan daya saing bangsa.

Revolusi industri yang diprediksi terjadi pada tahun 2020 menggarisbawahi kebutuhan  tenaga kerja yang unggul.

Sehingga melalui berbagai kegiatan, Trakindo berusaha membentuk generasi muda untuk dapat memiliki keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan pada masa tersebut, seperti kreativitas, kecerdasan emosional, kemampuan memecahkan masalah kompleks, pemikiran kritis, dan lainnya.

“Semenjak berdiri, Trakindo telah menjadi wadah bagi anak bangsa untuk berkarya dan memajukan diri menghadapi era perekonomian penuh tantangan," katanya.

Trakindo ingin terus dapat berkontribusi mempersiapkan tenaga kerja berkualitas dan meningkatkan daya saing mereka. Karenanya pihaknya merasa generasi muda perlu memiliki cita-cita untuk maju sejak dini.

Cita-cita membantu mereka menjadi pribadi yang unggul, juga menumbuhkan sikap pantang menyerah terhadap hambatan, katanya

Dalam mendukung perwujudan cita-cita, selain bekal keterampilan, Trakindo merasakan perlunya penerapan pendidikan berbasis karakter sejak dini. Hal ini sejalan dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019 untuk membentuk insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong.

Psikolog Mona Sugianto menjelaskan, penetapan tujuan berupa cita-cita sejak dini merupakan dasar penting bagi generasi muda dalam menjalankan kehidupan yang bermakna dan membuat mereka termotivasi untuk berjuang.

Cita-cita memberikan arah dan alasan dalam berjuang. Untuk mencapai cita-cita, diperlukan kekuatan karakter yang membentuk budi pekerti yang luhur. Kejujuran, tanggung jawab, kegigihan, dan kecintaan untuk belajar merupakan modal awal bagi kita secara nyata membangun ‘jiwa’ bangsa Indonesia.”

Trakindo meyakini pendidikan berkarakter akan membentuk mental tangguh, gigih dan jujur sekaligus menumbuhkan integritas tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan pada diri anak-anak Indonesia.

Sebagai bagian dari usaha Trakindo memperluas wawasan anak-anak mengenai karakter, Trakindo mengajak siswa-siswi dari SDN Cileungsi 07 dan SDN Ciater 03, menyaksikan film Cita-citaku Setinggi Tanah karya Eugene Panji.

“Melalui kegiatan menonton film bersama ini, Trakindo berharap siswa-siswi bisa memperoleh wawasan baru, melahirkan cita-cita untuk maju sejak dini dan bersemangat mewujudkannya. Di kemudian hari, saat impian tercapai, mereka menjadi tenaga kerja berkualitas penambah daya saing kebanggaan bangsa,” tambah Maria T. Kurniawati.

Upaya berkelanjutan Trakindo untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbasis karakter bagi 40 SDN di berbagai lokasi di seluruh Indonesia meliputi renovasi sekolah, pendampingan sekolah, pelatihan guru dan juga pemberian beasiswa.

Sejak 2010 hingga saat ini, 500 kelas telah direnovasi dan lebih dari 15.000 siswa serta 1.000 guru telah memperoleh manfaat program ini.

Selain pada tingkat dasar, Trakindo juga menerapkan Trakindo Cooperative Program (Coop) bersama-sama dengan 9 SMK dan 6 Politeknik di Indonesia yang ditujukan untuk melahirkan generasi terampil dan berkarakter dalam bidang alat berat secara berkelanjutan.(A)

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016