Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mempersiapkan pelaksanaan perlombaan berskala internasional "Banua Triathlon" yang akan diselenggarakan di kawasan Kebun Raya Banua Kota Banjarbaru pada Oktober 2023.

“Banua Triathlon ini pertama kali kita selenggarakan di Kalimantan Selatan sebagai upaya mengenalkan potensi wisata hingga ke mancanegara,” ucap Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kalsel Muhammad Syarifuddin di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: ASN Dispar Kalsel ikuti pelatihan HKI dari Kemenparekraf

Ia mengatakan Banua Triathlon merupakan kompetisi yang terdiri dari tiga cabang olahraga yakni renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu waktu.

Syarifuddin menuturkan lomba tersebut mengutamakan kecepatan waktu sehingga peserta perlu membagi waktu dengan baik pada setiap tahap.

Kompetisi Triathlon Banua saat ini sedang memasuki tahap persiapan administrasi baik perizinan kegiatan maupun tempat pelaksanaan lomba.

“Peserta lomba berasal dari dalam negeri dan luar negeri, peminatnya cukup banyak” katanya.

Syarifuddin menyebutkan kompetisi tersebut merupakan terobosan Pemprov Kalsel untuk menarik minat wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Baca juga: Kalsel tawarkan pariwisata alam hingga religi bagi delegasi KTT ASEAN

Perlombaan akan diawali dari berenang dengan dua kategori yakni jarak 750 meter dan 1.500 meter. Kemudian dilanjutkan bersepeda dengan lintasan berjarak sekitar 20 kilometer dan setelah itu berlari dengan jarak sekitar 5 kilometer.

Syarifuddin berharap Banua Triathlon dapat dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya.

Ia juga menyebutkan Menparekraf RI Sandiaga Uno cukup tertarik dengan kegiatan tersebut. Ia pun berencana mengundang Menparekraf Sandiaga sebagai peserta dan bukan hanya sekadar membuka kegiatan.

Dalam penyelenggaraan lomba, Dinas Pariwisata Kalsel akan dibantu panitia yang berasal dari atlet nasional hingga internasional yang sudah berpengalaman pada bidangnya.

Syarifuddin berharap melalui Banua Triathlon, Kalsel semakin dikenal dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Pasangan Abdul Aziz-Gusti Novia Nanda terpilih sebagai Putra Putri Pariwisata Kalsel 2022

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023