Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan tunai bagi sebanyak 642 dhuafa dengan total Rp128 juta.
 
"Setiap kecamatan ada sebanyak 100 dhuafa yang kita salurkan bantuan tunai ini," ujar Kepala Baznas Kota Banjarmasin H Riduan Masykur saat penyaluran bantuan tunai tersebut di kantor Kecamatan Banjarmasin Utara, Rabu.

Baca juga: Baznas, KSRelief collaborate for public welfare improvement
 
Menurut dia, ada 500 dhuafa yang terdata di lima kecamatan di Kota Banjarmasin yang mendapat bantuan tunai yang berasal dari dana infak, shodaqoh dan zakat dari darmawan tersebut dibagikan.
 
"Masing-masing dhuafa mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp200 ribu," ucapnya.
 
Selebihnya, ungkap Riduan, Baznas juga memberikan bantuan tunai kepada mustahik lingkungan, lingkungan mesjid agung dan guru TPA Mesjid Agung.
 
"Untuk tiga katagori ini sebanyak 142 dhuafa, hingga totalnya dengan yang di lima kecamatan tadi, sebanyak 642 dhuafa," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan, program ini terus ditingkatkan setiap tahunnya, hingga harapannya para darmawan dapat menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh ke Baznas Kota Banjarmasin.
 
"Kenapa ke Baznas, karena Baznas ini ter audit, akuntabilitas, aman, yakni, aman syar'i dan aman program dan aman akuntabilitas," ujarnya.

Baca juga: Baznas Banjarmasin beri SK 120 UPZ mesjid/mushola pengumpul zakat fitrah
 
Menurut dia, Baznas Kota Banjarmasin tidak hanya program penyaluran bantuan tunai, namun juga ada program rutin, seperti penyaluran beasiswa, pelaksanaan bedah rumah.
 
Kemudian, lanjut dia, pemberian sembako bagi warga lanjut usia (Lansia), bantuan bagi korban kebakaran, ikut melakukan penanggulangan stunting dengan memberikan makanan sehat kepada ibu hamil dari keluarga tidak mampu.
 
"Bahkan untuk penanganan ibu hamil cegah stunting ini, Baznas membantu hingga kelahiran," ujarnya.
 
Selain itu, kata Riduan, Baznas Kota Banjarmasin juga memiliki program bantuan modal bagi usaha mikro, membantu para marbot dan lainnya.
 
"Kita terus berupaya agar infaq, shadaqah dan zakat para darmawan betul-betul tersalurkan kepada yang berhak," demikian kata Riduan Masykur.

Baca juga: Kemenkumham salurkan zakat Rp1,4 miliar melalui Baznas
Baznas Kota Banjarmasin saat melaksanakan penyaluran bantuan tunai kepada ratusan dhuafa di Kecamatan Banjarmasin Utara, Rabu (24/5/2023). (ANTARA/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023