PT PLN (Persero) melakukan rekrutmen calon mahasiswa di Institute Teknologi PLN (ITPLN) untuk penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun ajaran 2023/2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) Joharifin di Banjarbaru, Selasa mengatakan, rekrutmen salah satu cara menjaring talenta "Urang Banua" kuliah di ITPLN.
 
"Program ini merupakan salah satu cara untuk menjaring talenta-talenta terbaik Bumi Lambung Mangkurat untuk dapat kuliah di sekolah khusus jaringan PLN," ujar Joharifin dalam keterangan tertulis .
 
Menurut Joharifin, rekrutmen sudah berlangsung pada 16 Mei 2023 lalu, berhasil menjaring 57 peserta yang berasal dari Sekolah Menengah Atas di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
 
Joharifin menuturkan, pihaknya bangga karena talenta-talenta dari Pulau Kalimantan turut partisipasi dalam penerimaan mahasiswa baru ITPLN dan berharap mereka semua mendapat hasil terbaik.
 
Ia menyebutkan, ITPLN merupakan salah satu kampus favorit, punya reputasi dan memiliki jaringan mitra profesional terbesar di Indonesia sehingga menjadi kebanggaan bagi siapapun yang kuliah di institut itu.
 
"ITPLN memiliki jurusan-jurusan yang sangat mendukung transisi energi di Indonesia, seperti Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, Teknologi dan Bisnis Energi, Telematika Energi, serta Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan," sebutnya.
Peserta calon mahasiswa Institute Teknologi PLN (ITPLN) dari Sekolah Menengah Atas di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah saat mengikuti ujian masuk institut yang dikelola PLN itu. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
 
Joharifin mengungkapkan, lulusan ITPLN akan menjadi favorit di dunia kerja, karena siap menghadapi tantangan global mengharuskan perusahaan mendukung transisi energi di mana energi masa depan, listrik yang berwawasan lingkungan.
 
"ITPLN siap mendampingi adik-adik menjadi sarjana yang berwawasan lingkungan dan siap kerja, bahkan lulusan terbaik ITPLN langsung direkrut menjadi pegawai PLN Grup, sehingga lulus kuliah tidak pusing mencari kerja lagi, jadi fokus kuliah dan belajar saja," ucap Joharifin.
 
Ditambahkan, bagi putra/putri terpilih mendapatkan bermacam fasilitas diantaranya, jaminan magang di seluruh instalasi PLN dan sub holding serta anak perusahaan di seluruh Indonesia.
 
"Lulusan ITPLN langsung dibekali tiga sertifikat yakni sertifikat kompetensi sesuai bidang, sertifikat Bahasa Inggris dan sertifikat Microsoft Office Specialist," sebutnya.
 
Bahkan, ITPLN memiliki kerja sama dengan University of Tenaga Nasional Malaysia, Kookmin University Korea Selatan dan Slovak University of Technology Slovakia dan tengah dirintis kerja sama dengan Singapura Polytechnic, sehingga mahasiswa memiliki kesempatan luas melakukan studi banding ke dunia internasional.
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023