Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan, Sayed Jafar membuka Saijaan Expo dalam memeriahkan hari jadi ke-73 Kabupaten Kotabaru.

" Saijaan Expo untuk mensosialisasikan program dan hasil-hasil pembangunan yang berlangsung hingga saat ini, baik oleh pemerintah, swasta, maupun UMKM," kata Sayed Jafar di Kotabaru,Sabtu malam. 

Baca juga: Petani Desa Bumi Asih manfaatkan pematang sawah penuhi kebutuhan dapur

Sayed mengatakan, Saijaan Expo  dalam rangka hari jadi kabupaten Kotabaru yang Ke-73  yang diikuti sejumlah unsur, dari jajaran forkopimda, SKPD, kecamatan, swasta, BUMD, BUMN dan, dimeriahkan juga oleh para pelaku di bidang UMKM.

Saijaan expo ini juga akan mengangkat nilai-nilai lokal kotabaru. Hal itu dilakukan mengingat tak sedikit dari nilai-nilai kebudayaan yang telah tergerus zaman sehingga wajib untuk diangkat kembali dan diperkenalkan kepada khalayak.

"Dengan harapan  kegiatan  ini tidak hanya dijadikan sebagai seremonial saja, tetapi lebih dari itu ada semacam kontribusi dari para peserta expo berupa promosi hasil-hasil karya inovasi dan produk-produk tradisional yang mampu berdampak pada perbaikan ekonomi di kabupaten kotabaru," katanya.

Ia juga menyampaikan, pembangunan sektor  pariwisata  tidak hanya fokus di ibu kota kabupaten, namun banyak potensi pariwisata di kecamatan yang layak dan patut untuk di kembangkan sebagai contoh, wisata Goa Lowo, tanjung kunyit, teluk Tamiang, pulau Birah-Birahan dan masih banyak lainnya.

Sayed berharap, pengembangan destinasi wisata diluar ibu kota akan  memperkuat perekonomian masyarakat sekitar sesuai dengan visi misi kepala daerah.

Ketua panitia pelaksana sekaligus Kepala Diskoperindag Hardani mengatakan, Kegiatan expo saijaan merupakan rangkaian besar peringatan hari jadi kabupaten kotabaru ke -73, menampilkan profil kabupaten  secara lengkap dengan seluruh SKPD, Kecamatan, BUMD, BUMN, perusahaan dan lainya termasuk menampilkan semua produk-produk unggulan UMKM kabupaten kotabaru.

"Peserta saijaan expo 2023 diikuti oleh seluruh unsur SKPD dan kecamatan, instansi vertikal BUMN, BUMD, perbankan, organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, pedagang, usaha mikro kecil menengah dari dalam dan luar daerah kabupaten kotabaru. Dengan jumlah peserta sebanyak 150 stand. kata Hardani.

Ia menjelaskan pameran ini kan berlangsung selama 20 hari ke depan dimulai tanggal 20 Mei - 7 Juni dengan jadwal di buka mulai pukul 15.00 -  22.00 Wita 

" Pembukaan dimeriahkan oleh  artis ibukota Dara The Virgin yang sangat meriah dan spektakuler yang akan menghibur masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: BMKG imbau waspada hujan badai di Tala, Kotabaru dan Tanah Bumbu

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023