Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan menandatangani kerjasama perguruan tinggi dalam pelaksanaan program praktisi mengajar angkatan 2 tahun 2023.
 
"Poliban (melakukan) tandatangan dengan perguruan tinggi lainnya pada acara yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI ini di Hotel Horison Tanggerang, Banten, pada 15 Mei 2023," ujar Wakil Direktur 1 Poliban Kalsel Ahmad Rizani di Banjarmasin, Rabu.
 
Menurut dia, Poliban sangat mengapresiasi program praktisi mengajar dari Kemendikbud Ristek ini, karena meningkatkan relevansi skill dan kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
Poliban ikut tandatangan kerjasama perguruan tinggi pelaksanaan program praktisi mengajar angkatan 2 tahun 2023 di Tangerang, Banten, 15/5/2023. (Antara/HO)
 
Program ini juga, lanjut A Rizani, mendorong kolaborasi Poliban dan dunia usaha dalam menyelenggarakan pembelajaran praktis dan aplikatif.
 
Dia pun bersyukur, kepercayaan Kemendikbud Ristek kepada Poliban sebagai perguruan tinggi pelaksana semakin memotivasi guna menghasilkan SDM Banua yang unggul dan berkualitas seperti yang diinginkan dunia kerja.
 
Koordinator Program Praktisi Mengajar Poliban Mey Risa menambahkan bahwa keterlibatan Poliban telah dimulai sejak Angkatan 1 tahun 2022 dan menjadi Kampus pionir di Kalimantan Selatan.
 
"Poliban melaksanakan program praktisi mengajar dengan hasil yang memuaskan dan memperoleh apresiasi tinggi pihak Kementerian," ucapnya.
 
Program praktisi mengajar sebagai jawaban atas keluhan dunia kerja terhadap kualitas perguruan tinggi masih sering terdengar di mana terdapat kesenjangan antara keahlian lulusan dan kebutuhan dunia kerja. 
 
Menghadapi tantangan ini Kemendikbudristek menginisiasi program praktisi mengajar sejak 2022 agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. 
 
Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar-sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. 
 
Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.
 
Tahun 2023 kembali Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan program praktisi mengajar, untuk Angkatan 2 yang diikuti penandatanganan perjanjian kerjasama perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023