Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mengapresiasi dan menyambut baik atas dilaksanakan training Operator Preparation Program (OPP) dan Mechanic Preparation Program (MPP) oleh PT Saptaindra Sejati (SIS) Job Site BORO bagi warga "Bumi Bersujud"

Bupati Tanah Bumbu H. M Zairullah Azhar di Batulicin Selasa mengatakan, kegiatan training OPP dan MPP merupakan bentuk dari pemberdayaan masyarakat, serta pemenuhan tenaga kerja yang profesional sehingga dapat memenuhi standar yang diterapkan oleh perusahaan.

Baca juga: DPMPTSP Tanbu gelar bimtek perizinan usaha sistem online

"Ini salah satu wujud kepedulian dan berbagi terhadap warga Tanah Bumbu yang sejalan dengan program pemerintah daerah yakni peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan produktif melalui development program PT SIS, kami harap perusahaan lain dapat meniru program ini," kata Zairullah.

Menurut dia, program ini sejalan dan sinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu dalam meningkatkan penyerapan tenaga lokal yang memiliki kecakapan dan keterampilan yang profesional sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat.

"Atas nama pemerintah daerah, Kami sampaikan terimakasih kepada PT SIS Site BORO atas dukungan serta kerjasama dan sinergi terhadap program pemerintah untuk mencetak SDM berkualitas serta pemenuhan tenaga kerja," ucapnya.

Sementara itu, Chief Operation PT SIS Site BORO, Nur Baharudin menyampaikan, training OPP dan MPP merupakan program berkelanjutan yang dilakukan sejak periode 2012 dan 2017.

"Meski sempat terhenti karena pandemi COVID-19, kali ini kami buka kembali program OPP dan MPP dengan peserta sebanyak 31 orang untuk mengisi operator dan mekanik," jelasnya.

Dia menjelaskan, kebutuhan karyawan PT SIS memprioritaskan pemberdayaan warga lokal Tanah Bumbu. Dan saat ini hampir 70 persen karyawan di perusahaan itu terdiri dari warga lokal.

Terkait daya saing putra daerah, menurutnya dengan adanya pelatihan ini diharapkan warga Tanah Bumbu semakin baik SDM-nya, dan tentunya kualitasnya lebih bagus dan loyal karena didik lebih awal dan dari dalam perusahaan sendiri.

Bahkan, di perusahaan ini jenjang karir OPP dan MPP juga berlaku bagi warga lokal sehingga mereka tidak selamanya menjadi operator maupun mekanik.

"Kalau potensinya ada di managerial maka bisa menjadi karyawan staf atau pengawas dengan program GLDP dan jenjang karier bisa terus naik," sebutnya.

Adapun pelatihan OPP dan MPP ini juga bekerjasama dengan Brimob Polda Kalimantan Selatan, yang mana peserta akan mengikuti pendidikan BINTALSIK untuk melatih mental dan fisik serta kekompakan mereka. Sedangkan pelatihan sendiri digelar selama sepuluh hari.

Baca juga: Tanah Bumbu raih opini WTP sepuluh kali berturut-turut

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023