Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan membina pengurus Perpustakaan sekolah dan desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kabid Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Wildan Akhyar di Batulicin Senin mengatakan, pembinaan pengelola perpustakaan di sekolah dan desa bertujuan meningkatkan kualitas SDM.

"Pembinaan ini sangat penting agar manajemen yang dijalankan lebih bagus dan sesuaian standar Nasional," katanya.

Dia mengatakan, pembinaan tersebut juga sebagai langkah awak untuk mempersiapkan diri menuju Perpustakaan yang terakreditasi sehingga layanan pada pengunjung lebih maksimal.

Dengan adanya layanan perpustakaan yang maksimal maka masyarakat akan lebih tertarik untuk berkunjung di Perpustakaan tersebut.

"Kalau Perpustakaan itu bagus maka orang akan senang berkunjung, karena infrastrukturnya bagus dan layanannya juga bagus, secara tidak langsung dapat meningkatkan minat baca masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu Yulia Ramadhani menambahkan, pengelola Perpustakaan dapat belajar kembali bagaimana cara mengolah bahan pustaka atau mengelola perpustakaan.

"Fungsi pengolahan bahan pustaka untuk memudahkan, menyimpan, serta menumbuhkan kembali informasi dari pustakawan maupun pengelolaan desa perpustakaan," kata Yulia.

Merurut dia, melalui pelatihan ini setidaknya peserta dapat meningkatkan profesionalisme dalam pengolahannya, sehingga keberadaan nya mampu memiliki fungsi dan peran dalam meningkatkan kecerdasan siswa atau masyarakat

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023