PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UID Kalselteng) mendukung pelestarian seni dan budaya daerah sehingga mampu bertahan di era modernisasi dan digitalisasi.
 
Salah satunya melalui dukungan terhadap Pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya suku asli Kalimantan itu di sebuah mal di Kota Banjarbaru.
 
Mengusung tema "Borneo in Harmony 4", pagelaran seni dan budaya itu berlangsung meriah dan menyita perhatian banyak penonton sejak dibuka Kamis dan berlangsung hingga Ahad (14/5/2023).
 
Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UID Kalselteng Sigit Fanani melalui keterangan tertulis di Banjarbaru Ahad mengatakan, PLN mendukung pelestarian seni dan budaya yang berkembang di masyarakat.
 
"PLN sangat mendukung karena pelestarian budaya sangat penting di era modernisasi dan digitalisasi. Jika budaya tidak diturunkan ke generasi muda, dikhawatirkan punah begitu saja sehingga kami mengharapkan hal itu tidak terjadi," ujar Sigit.
 
Lebih lanjut Sigit berharap, kegiatan yang diusung perkumpulan Dayak Meratus itu dapat mengedukasi masyarakat supaya seni dan budaya Dayak ini dapat terus berkembang.
 
Sigit menyebutkan, PLN UID Kalselteng turut ambil bagian dengan membuka stand produk, sosialisasi dan layanan kelistrikan PLN yang menghadirkan berbagai promo dan games menarik bagi pengunjung.
 
"Pagelaran "Borneo in Harmony 4" selain melihat budaya asli Dayak, masyarakat juga dapat mengunjungi stand PLN. Ada berbagai macam produk layanan, promo, sosialisasi dan games dengan hadiah yang menarik," ungkap Sigit.
Salah seorang penari membawakan tarian khas suku Dayak Kalimantan pada pagelaran Seni dan Budaya Dayak Borneo di Banjarbaru, Kamis (11/5/2023). (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)

 
 
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Arifin mengatakan, tujuan kegiatan melestarikan dan mengenalkan kesenian asli Suku Dayak ke generasi muda, sehingga mengetahui kebudayaan asli daerah.
 
"Kegiatan termasuk dalam Calender of Event pariwisata Banjarbaru yang menjadi rangkaian peringatan hari jadi. Kami berharap kekayaan seni dan budaya terus terjaga hingga menarik wisatawan untuk datang ke Banjarbaru," katanya.
 
Ketua Perkumpulan Dayak Meratus, Benyamin Uhil mengatakan, tujuan kegiatan mengekspos budaya asli Kalimantan lebih dikenal masyarakat disamping pengembangan seni dan budaya mendukung pariwisata khususnya di Kalsel.
 
Mewakili masyarakat Dayak, Uhil mengapresiasi PLN yang selalu mendukung pagelaran seni budaya Dayak Kalimantan setiap tahun dan berharap sinergitas terus terjalin sehingga seni dan budaya Dayak dapat terus lestari.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023