Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor yang biasa di sapa 'Paman Birin' memberikan apresiasi atas capaian dan upaya pemerintah daerah hingga masyarakat dalam memajukan kabupaten Hulu Sungai Utara.

"Pemerintah daerah memastikan bahwa semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk merasakan manfaat dari pembangunan," ujar Staf Ahli bidang Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Sulkan atas nama Gubernur Kalsel pada puncak Hari jadi ke-71  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di Amuntai, Kamis.

Baca juga: Sholawatan dan Tausiyah Paman Birin, kembali menggema di Desa Kiram Atas

Sulkan menyampaikan ucapan Selamat Hari jadi  ke-71 Kabupaten HSU kepada pemerintah daerah dan masyarakat setempat. 

Mengangkat tema 'Kabul Hajat, Barakat Ikhtiar wan Tawakal' diharapkan menjadi cerminan dari konsistensi dan komitmen pemerintah daerah, DPRD, Forkopimda hingga seluruh komponen masyarakat dalam membangun HSU.

Pemprov Kalsel menilai, keberhasilan sebuah pembangunan di sebuah wilayah tidak hanya ditentukan oleh insfrastuktur serta ekonomi yang kuat, akan tetapi juga ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

SDM dibangun melalui kualitas pendidikan, pelatihan kerja, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Gubernur menilai dalam hal ini Pemkab HSU melaksanakan  dengan baik  indeks pembangunan manusia (IPM) setiap tahunnya.
 
PJ Bupati HSU R Suria Fadliansyah dan para undangan pada puncak Hari jadi ke-71  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di Halaman Kantor Bupati HSU di Amuntai, Kamis. (ANTARA/HO-Diskominfosan HSU)

Paman Birin mengajak, melalui momentum peringatan Hari jadi ke-71 Pemkab dan Masyarakat HSU merefleksikan diri, mengukur dan mengevaluasi kembali seluruh capaian pembangunan saat ini, serta menyelaraskan agenda pembangunan yang ada dengan kebijakan pembangunan provinsi maupun pemerintah pusat. 

Baca juga: Paman Birin kembali pimpin Forki Kalsel

Peringatan Hari Jadi ke 71 Kabupaten HSU turut dihadiri mantan wakil Bupati H Husairi Abdi dan Aunul Hadi Idham Chalid. Tokoh Masyarakat HSU yang juga Anggota DPRD Kalsel H Supian HK dan H Sahrujani.

Penjabat Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah didampingi Sekretaris Daerah H Adi Lesmana menyambut kedatangan para undangan.

Puncak Peringatan Harjad ke 71 HSU di halaman Kantor Bupati turut dimeriahkan pameran kuliner tradisional.

Aneka kuliner yang disajikan gratis oleh para perajin langsung diserbu pengunjung dan warga masyarakat.
 
Pameran kuliner khas HSU yang disajikan gratis pada pada puncak Hari jadi ke-71  Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) diserbu pengunjung dan warga di Halaman Kantor Bupati HSU di Amuntai, Kamis. (ANTARA/HO-Diskominfosan HSU)

kue atau wadai khas Banjar seperti cincin talipuk, lupis, pais sagu, roti sagu, aneka wadai apem hingga minuman disajikan dari 20 stand SKPD dan Kecamatan di lngkungan Pemkab HSU sebagai penyelenggara. 

Meski puncak peringatan hari jadi ke-71 Kabupaten HSU baru dimulai pukul 09.00 wita, tampak warga sudah berbondong-bondong dan mengantri di beberapa stand kuliner sejak pagi hari. 

Salah seorang warga, Sebut saja Ibu Siti yang mengaku sengaja datang dari Sungai Turak Kecamatan Amuntai Utara ke acara ini mau mencicipi kulineran gratis.

Baca juga: Paman Birin kunjungi warga terdampak banjir di Cempaka Banjarbaru

Dirinya mengaku senang dapat mencicipi kulineran gratis sekaligus menyaksikan acara hari jadi ke-71 Kabupaten HSU yang digelar di halaman kantor Bupati HSU. 

Mantan Bupati HSU priode 2008-2012 H M Aunul Hadi mencicipi beberapa kue tradisional khas Banjar untuk mengobati kerinduannya setelah lama tinggal di Pulau Jawa.
 
Mantan Wakil Bupati HSU H Aunul Hadi Idham Chalid turut mencicipi kue tradisional khas Banjar yang disajikan saat pameran kuliner Hari jadi ke-71  Kabupaten Hulu Sungai di Halaman Kantor Bupati HSU di Amuntai, Kamis. (ANTARA/HO-Diskominfosan HSU)

Diakuinya moment-moment seperti inilah yang selalu ditunggu tunggunya jika kembali ke kampung halaman, menikmati wadai apem lumba, lupis, pais sagu dan lain-lain. 

"Saya berharap peringatan hari jadi ke-71 ini Kabupaten  Hulu Sungai Utara terus maju, kabul hajat berkat ikhtiar wan tawakal," kata Aunul mendo'akan.

Salah seorang perajin kuliner Hj Mita Yuspiati menyiapkan 700 lebih wadai apam hambuku khas Amuntai dan ludes dalam satu jam.

"Alhamdulillah bisa berpartisipasi di Hari Jadi HSU, semoga kuliner daerah kita tetap dilestarikan," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023