Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, Samsir mengutarakan bahwa program Posyandu sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Implementasinya adalah melakukan pemeriksaan rutin terhadap seluruh masyarakat, utamanya adalah bayi, anak balita, ibu hamil, ibu melahirkan, ibu nifas, ibu menyusui dan pasangan usia subur," kata Samsir di Batulicin Ahad.

Baca juga: Penilaian lomba Posyandu tingkat kabupaten dilaksanakan awal Mei

Pemeriksaan itu juga dilaksanakan setiap bulan atau seribu hari pertama kehidupan serta prilaku hidup bersih dan sehat.

Dia mengatakan, agar program ini tetap berjalan secara berkelanjutan DPMD Tanah Bumbu melakukan penilaian lomba Posyandu dengan tujuan untuk mengukur dan mengevaluasi terkait kegiatan Posyandu di setiap desa sesuai yang diharapkan.

"Program ini sangat strategis untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat melalui pemeriksaan rutin dan berkelanjutan," jelasnya.

Dari hasil evaluasi pelaksanaan lomba posyandu di enam kecamatan hasilnya cukup baik karena kreasi dan inovasi para kader dapat menampilkan beberapa inovasi saat Lomba Posyandu berlangsung.

"Penyuluhan terkait pencegahan stunting juga ditampilkan cukup baik , serta inovasi terhadap program "isi piring ku" juga berjalan dengan baik," kata Samsir.

Pihaknya juga memberikan intruksi kepada kepal desa ketua TP PKK desa agar kegiatan Posyandu dapat didukung menggunakan anggaran dana desa agar program posyandu dapat berjalan secara berkelanjutan.

Baca juga: Elnusa Petrofin luncurkan program Posyandu Home Care Kota Banjarmasin

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023