Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Aditya Budi Prabowo mengatakan, untuk mendorong peningkatan kesadaran gizi dan kesehatan masyarakat, perusahaannya meluncurkan program dan kader CSR Posyandu Home Care di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Terbentuknya Posyandu Home Care ini berawal dari keadaan masyarakat sekitar Kantor Operasional Integrated Terminal Banjarmasin mayoritasnya berusia lanjut usia tidak dapat terjangkau layanan kesehatan. Salah satunya karena keterbatasan fisik menuju ke Puskesmas ," ujar Aditya Budi Prabowo,  usai meluncurkan program dan kader CSR Posyandu Home Care Kota Banjarmasin, di Integrated Terminal Pertamina Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, Posyandu Home Care merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat sekitar dan mendukung layanan kesehatan inklusif.

Baca juga: Bupati Tanah Laut instruksikan Posyandu aktif pantau ibu hamil cegah tengkes

“Program Posyandu Home Care ini merupakan perwujudan salah satu pilar CSR Petrofin Peduli melalui Petrofin Sehat," ucapnya. 

Program tersebut, jelas dia, akan menjadi pilot project dan memungkinkan untuk dilaksanakan di beberapa wilayah,  terutama di sekitar operasional Elnusa Petrofin berada di wilayah kota-kota kecil. 

"Program ini diinisiasi oleh Program CSR Petrofin Peduli sebagai inovasi pertama di Banjarmasin dan dalam pengembangan pelayanan posyandu secara door to door dirintis sejak tahun 2021.," terangnya. 

Baca juga: Pemkot Banjarmasin luncurkan pos terpadu pelayanan kesehatan jiwa
   
Lebih lanjut dia mengemukakan,   Posyandu  binaan Elnusa Petrofin juga bekerjasama dengan Puskesmas Kuin Raya dan bersinergi dengan agenda Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Kemudian, papar dia, selain peluncuran Posyandu Home Care, kegiatan tersebut juga diisi dengan pelantikan 12 kader Posyandu Home Care.

"Dari 12 kader Posyandu Home Care, enam orang Kader merupakan istri awak mobil tangki PT Elnusa Perrofin Fuel Terminal Banjarmasin. Ini salah satu  wujud  perusahaan kepada keluarga pekerja." terangnya. 

Baca juga: Kader Posyandu Junjung Buih 2 paparkan 7 inovasi

Kepala Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Dolly Syahbana, mengucapkan terimakasih  kepada manajemen PT Elnusa Petrofin. 

“Program Posyandu Home Care diinisasi oleh CSR Elnusa Petrofin merupakan program CSR sangat dibutuhkan  masyarakat. CSR bukan hanya bersifat filantropi, tetapi memiliki keberlanjutan yang sangat baik," terangnya. 

Dolly Syahbana berharap, kehadiran program CSR PT Elnusa Petrofin dapat berlanjut terus menerus dan tidak hanya dengan program Posyandu Home Care saja, namun diikuti inovasi program CSR lainnya. 

"Kita juga berharap kegiatan seperti ini  dapat di ikuti oleh perusahaan BUMN maupun swata lainnya yang beroperasi di Kota Banjarmasin" harapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Program CSR Posyandu Home Care juga mendukung tercapainya SDG’s (Sustainable Development Goal’s), terutama pada poin ketiga yakni Menjamin Kehidupan yang Sehat dan Meningkatkan Kesejahteraan Seluruh Penduduk Semua Usia. 
PT Elnusa Petrofin menyerahkan bantuan   mini booth sebagai modal awal usaha kepada kader Posyandu Home Care Kota Banjarmasin, di Integrated Terminal Pertamina Banjarmasin, Senin (20/3/2023).Foto:ANTARA/Arianto.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023