Bandara Bersujud di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, setiap sore hari dijadikan  ajang balapan liar oleh kalangan remaja di daerah tersebut.



Berlangsungnya balapan liar tidak sedikit mengundang perhatian warga setempat untuk sekedar menyaksikan dan menghabiskan waktu  saat hari menjelang malam.


"Nonton balapan disini terasa cukup menyenangkan. Selain menjadi hiburan kita ketemu banyak teman," ucap Ridwan, salah satu warga yang menyaksikan balapan itu, Senin.


Minimnya keamanan dari petugas Bandara terkesan cukup mempermudah bagi siapa saja yang ingin memasuki landasan pesawat tersebut. Sejumlah titik batas bandara telah berhasil ditembus warga dengan membentuk jalan setapak sehingga mudah dilewati oleh para pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan roda dua.


Setiap hari minggu tidak jarang Bandara Bersujud juga menjadi tempat sarana olah raga pagi kabanyakan warga yang ada disekitarnya. Kondisi ini dipicu, minimnya tempat yang memadai seperti ruang terbuka hijau untuk sarana olah raga sekaligus tempat hiburan bagi warga di daerah tersebut.


"Belum ada di daerah ini tempat yang strategis untuk sarana hiburan sekaligus tempat berolah raga selain Bandara Bersujud. Jadi tidak heran kalau setiap hari minggu bahkan hampir setiap sore banyak warga menghabiskan waktu hiburanya disini," katanya.


Keberadaan warga di lokasi bandara tersebut juga tidak jarang membuat petugas menjadi kalang kabut pada saat ada pesawat yang akan segera turun maupun tinggal landas.


Mereka sibuk mengosongkan lokasi bandara agar tak ada warga yang masuk disana sebab kawatir dapat mengganggu jalanya penerbangan pewasat.


Ironisnya penertiban yang berlangsung seperti itu belum cara maksimal dijalankan oleh petugas. Setiap usai penerbangan atau tingal landas pesawat sebagian warga kembali bebas masuk lokasi bandara tersebut.yanto/B

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011