Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al-Habsy mengatakan, pondok pesantren menjadi sarana untuk menegakan amar ma'ruf nahi munkar sehingga terwujud kedamaian di masyarakat.
 
"Pondok pesantren merupakan salah satu sarana menegakan amar ma'ruf nahi munkar dan juga menjadi sarana mendidik dan mencerdaskan masyarakat," ujarnya melalui siaran pers Kominfo di Martapura, Sabtu

Baca juga: Ponpes Desa Marindi Tabalong terima.bantuan Al-Quran dari CV TPP
 
Pernyataan itu disampaikan wabup dalam sambutan pada Haflatul Ikhtitam Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilal Muhtadin di Jalan Kertak Baru Desa Pekauman Dalam, Kecamatan Martapura Timur.
 
Menurut Said, anak-anak yang telah menyelesaikan pendidikan di ponpes harus disyukuri karena memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa, sehingga harus diimbangi dengan kualitas pendidikan yang baik.
 
"Pendidikan dan bekal ilmu agama mereka sudah tentu bagus selama menjalani pendidikan di ponpes dan semua yang didapat bisa menjadi benteng diri dari pengaruh buruk lingkungan," ucap wabup.
 
Ditekankan Said, diharapkan pula, syukuran angkatan pertama ponpes itu, selain mencetak santri yang memiliki kecerdasan dan berakhlak mulia juga meningkat keimanannya ditengah kemajuan jaman 
 
"Harapan kita semua, santri yang telah lulus selain cerdas dan mulia akhlaknya juga memiliki keimanan yang tinggi sehingga mampu dalam menghadapi tantangan, kemajuan dan perubahan jaman," perannya.
 
Pengasuh Ponpes Sabilal Muhtadin Guru Muhammad Jahrani Arsyad mengucap syukur atas lancarnya Haflatul Ikhtitam angkatan pertama yang meluluskan 15 dari 20 santri dari Martapura, Rantau dan Kapuas.
 
"Kami bersyukur karena meluluskan santri angkatan pertama dan juga berharap mereka bisa mengamalkan ilmu agama yang diperoleh selama menjalani pendidikan di ponpes," ujar Guru Muhammad.
 
Sementara itu, kegiatan yang penuh nuansa religius dan Islami itu juga diisi pembagian hadiah kepada para santri berprestasi disaksikan habaib, alim ulama, guru agama, pambakal serta sejumlah undangan.
 
Baca juga: Pemkab Banjar silaturahmi dengan santriwati ponpes putri
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023