Banjarmaasin (Antaranews Kalsel)- Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, kedepannya akan mengandalkan sumberdaya alam (SDA) terbarukan, serta dunia kepariwisataan, karena sektor tersebut diyakini akan membewa wilayah paling timur Provinsi Kalimantan Selatan ini ke arah kemajuan.
    Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kotabarubaru Burhanudian ketika menerima kontingan sepeda tua (ontel) yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kalimantan Selatan, di Kotabaru, Sabtu (4/6) kemarin, kata Ketua Kosti Kalsel Mohamad Ary, Minggu.
    Dalam sambutan saat malam ramah tamah dengan kontingen Kosti Kalsel yang terlibat dalam parade sepeda Ontel Kotabaru tersebut, dijelaskan dengan mengandalkan SDA terbarukan dan wisata tersebut, maka kedepan Pemkab setempat mencoba menggalakan kegiatan wisata tepi laut dan pulau.
   "Kotabaru memiliki sekitar 150 pulau yang kesemuanya eksotis, dan terdapat terumbu karang yang indah yang kalau itu dipromosikan, tentu akan mendatangkan kemajuan," katanya.
   Dalam kaitan meningkatkan kepariwisataan tersebut, Pemkab Kotabaru, kutip Mohamad Ary mencoba menggalakan aktivitas onthel sebagai sarana pelestarian budaya, sekaligus pelestarian peninggalan bahari, yang rutenya menelusuri pantai.
  "Di beberapa kota yang menggalakan dunia onthel ternyata berdampak terhadap dunia wisata, seperti Surabaya, bandung, Jakarta, dan Bali," katanya.
   Makanya kedepan even sepeda ontel lebih diglorakan lagi, sebagai wahana menarik wisatawan.
  "Kita kan memiliki ratusan buah perusahaan besar yang jika CSR-nya digali untuk meningkatkan dunia wisata, khsusnya kegiatan parade ontel, maka diharapkan kita banyak yang akan terlibat, asal hadiahnya diperbesar," kalau perlu tahun depan hadianya bisa capai Rp1 miliar,"katanya dihadiri tebpuk tangan hadirin.
  Oleh karena itu, ia meminta pengurus perkumpulan sepeda tua Kotabaru mulai dikarang merancang kegiatan kedepan, agar even ini lebih meriah lagi.
  Pada parade onthel kotabaru dalam kiatan HUT Kabupaten Kotabaru ke-66 ini, bukan saja melibatkan onthelis se Kalsel, tetapi juga  dari Kalteng, Kaltim, dan Kalbar, bahkan dari Blitar dan Kediri.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016