Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan, memprioritaskan tiga kegiatan jelang keberangkatan haji tahun 2023 ini yang tinggal satu bulan lagi.
 
Menurut dia di Banjarmasin, Jumat, seluruh jajarannya, terkhusus bidang penyelenggaraan haji dan umroh baik di provinsi maupun kabupaten/kota untuk segera melaksanakan kegiatan itu, sebelum operasional keberangkatan haji dimulai.
 
Adapun prioritas tiga kegiatan tersebut, ungkap dia, pertama adalah kegiatan manasik sebanyak sepuluh kali harus segera dilaksanakan. 
 
Menurutnya, kegiatan manasik haji bagi jamaah ini dilaksanakan di dua tempat, di Kantor Urusan Agama (KUA) di daerah masing-masing domisili calon jamaah haji sebanyak delapan kali.
 
Kemudian, kata Tambrin, kegiatan manasik dilanjutkan lagi di kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota sebanyak dua kali.
 
“Ini harus segra dilaksanakan dengan maksimal dan sebaik baiknya, sebab layanan ini bersentuhan langsung dengan jemaah haji," ucapnya.
 
Prioritas kegiatan kedua jelang keberangkatan ini, ujar Tambrin, agar proses pelunasan biaya keberangkatan haji (Bipih) terus dipantau.
 
"Sebab sejak kemarin (27/4/2023) masih diangka 63 persen dari 4.176 calon haji reguler, termasuk haji cadangan.
 
"Kuota haji Kalsel sebanyak 3.818 orang, sedang haji cadangan 358 orang, diharapkan 100 persen melunasi Bipih hingga 5 Mei 2023," paparnya.
 
Tambrin berharap jajarannya memberikan motivasi bagi calon jamaah haji, khususnya yang sudah terdaftar tahun ini berhak berangkat agar segeranya melunasi Bipih sebesar Rp50.753.057 untuk Embarkasi Banjarmasin.
 
Kemudian, ungkap Tambrin, prioritas ketiga kegiatan jelang keberangkatan haji ini, ditekankannya adalah terkait pengelolaan dan pelaporan anggaran agar dapat maksimal dan profesional dalam pengelolaannya. 
 
“Saya yakin terkait anggaran di Bidang PHU ini akan masuk dalam daftar audit nantinya, oleh karenanya saya minta agar dapat disusun dan dilaporkan dengan sebaik baiknya," ucap Tambrin.
 
Tambrin berharap dengan berbagai usaha dan persiapan yang telah dilaksanakan secara maksimal, pihaknya dapat memberikan kepuasana bagi masyarakat terkhusus untuk seluruh jemaah haji dapat terlayani dengan baik.
 
"Mari kita sukseskan bersama penyelenggaraan ibadah haji di Kalsel, dengan memberikan pelayanan yang sebaik baiknya untuk para jemaah haji, semoga semuanya dapat berjalan dan terlaksana dengan aman tertib dan lancar," demikian kata Tambrin.
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023