Marabahan, (Antaranews Kalsel) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, menggelar Pelatihan Relawan Penanggulangan Bencana Tim Reaksi Cepat (TRC) Tingkat Kabupaten Batola, di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola, Kamis (2/6).

"Pelatihan ini kami laksanakan dua hari. Untuk materi hari pertama materi dalam ruangan, sedangkan hari kedua praktek tata cara penanggulangan bencana," ujar Kepala BPBD Batola

Menurut dia,  Pelatihan Tim Reaksi Cepat untuk penanggulangan bencana bisa dijadikan momentum yang tepat untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknis bagi anggota relawan TRC.

Dijelaskannya, relawan TRC adalah mitra BPBD Kabupaten Batola yang memiliki tugas penting untuk menentukan langkah ke depan dalam upaya penanggulangan berbagai bencana.

Tugas relawan TRC, terang Ardiansyah, tidak hanya melakukan penanganan bencana di kawasan tempat tinggal mereka saja, tetapi juga melakukan penanganan bencana di daerah lain.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, dia berharap, anggota TRC nantinya bisa mengoptimalkan fungsinya sebagai relawan dalam rangka penanggulangan bencana.


Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016