Dua anak perusahaan Astra Agro Lestari Group, yakni PT Subur Agro Makmur (SAM) dan PT Tri Buana Mas (TBM) memberdayakan warga lokal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan menjadi pekerja di perusahaan kebun sawit tersebut.

Administratur PT SAM, Martuah Nasution di Kandangan, Kabupaten HSS, Sabtu, mengatakan operasional Astra Group di HSS mempekerjakan 1.100 karyawan termasuk memberdayakan warga lokal.

"Astra Group saat ini memiliki sekitar 43 perusahaan sawit, dan untuk di HSS kita memiliki sekitar 1.100 karyawan, jumlah karyawan ini juga dari warga lokal sekitar perusahaan yang kita berdayakan, untuk mereka bekerja dan berkarier di perusahaan," kata Martuah.

Baca juga: PT Tri Buana Mas gelar program training Komite Bisa sekolah binaan

Martuah menyempatkan diri bersilaturahmi dengan sejumlah wartawan di HSS, Hulu Sungai Tengah (HST), dan Tapin, guna menjalin sinergitas bersama media di wilayah binaan perusahaan tersebut.

Martuah juga mengajak dan membuka kesempatan bagi para pewarta yang ingin langsung melihat kondisi perkebunan sawit di wilayah operasional PT SAM maupun PT TBM.

Sementara itu, Community Development Officer (CDO) PT SAM, Joko Sambodo Paulus mengatakan kegiatan tersebut untuk mengenal lebih dekat dengan media sebagai mitra perusahaan Astra Group.

Joko menuturkan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setelah pandemi COVID-19 mulai mereda di Indonesia.

Baca juga: PT SAM nyatakan kesiapan dukung program Adipura Pemkab HSS
Administratur PT SAM, Martuah Nasution saat memberikan sambutan di Kandangan,
Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023). (ANTARA/Fathur)
Tim PR HO Astra Agro Lestari, Dinasary Haritsyah menyambut baik pertemuan perwakilan perusahaan Astra Group dengan para pewarta di daerah, karena agenda ini memang sudah lama terjadwal lama namun bisa dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

"Beberapa kendala yang kita hadapi di waktu pandemi sehingga silaturahmi ini baru kita bisa laksanakan, pada kesempatan yang baik ini kami dapat berkenalan langsung dengan para pewarta yang ada di Kabupaten HSS, Tapin  dan sekitarnya," tutur Dinasary.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) HSS, Irfan mengapresiasi langkah perusahaan Astra Group yang telah mendukung berbagai kegiatan jurnalis di HSS, HST, dan Tapin.

Irfan berharap komunikasi dan hubungan baik selama ini dapat dipertahankan serta ditingkatkan.

Humas PT TBM, Juhdi menambahkan kegiatan ini juga menjadi penting bagi perusahaan untuk menjalin kemitraan dengan para jurnalis di Tapin.

"Alhamdulillah bisa berkumpul dan berkenalan dengan rekan-rekan dari berbagai media, kebetulan saya juga baru bertugas di PT TBM, yang berlokasi di Kabupaten Tapin," ungkap Juhdi.

Turut berhadir pada acara itu, PIC Fire Protection PT SAM Reza Syahrial bersama jajaran manajemen dari PT SAM dan PT TBM, para pewarta dari unsur PWI HSS dan ASWAT Tapin, serta Sekretaris PWI HST, M Taupik Rahman.

Baca juga: PT Subur Agro Makmur gelar peringatan Isra Mi'raj
Tim PR HO Astra Agro Lestari, Dinasary Haritsyah menyerahkan cenderamata untuk pewarta
dalam kegiatan silaturrahmi di Kandangan, Kalimantan Selatan, Jumat (17/3/2023). ANTARA/Fathur

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023