Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan memberikan layanan vaksinasi COVID-19 gratis bagi para pemudik atau masyarakat umum menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pelayanan vaksinasi COVID-19 kita berikan sejak kemarin hingga hari ini karena keterbatasan pasokan vaksin," jelas salah satu tenaga medis di COVID-19 Center RS Usman Dundrung Tanjung, Amyani, Selasa.

Vaksinasi jenis Inavac yang tersedia di COVID-19 Center RS Usman Dundrung hanya 30 vial atau 150 dosis untuk vaksin dosis kedua maupun booster pertama.

Sedangkan permintaan masyarakat untuk vaksinasi COVID-19 cukup tinggi, selain keperluan pemudik juga melengkapi persyaratan masuk kerja dan melanjutkan sekolah.

Ia menambahkan hari ini sebanyak 75 orang mendapat layanan vaksinasi jenis Inavac dan kebanyakan untuk vaksin booster pertama.

"Pelayanan vaksinasi COVID-19 akan kita lanjutkan setelah lebaran, menunggu distribusi vaksin dari Pemprov Kalsel," tambahnya.

TerpisaH Sub Koordinasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tabalong, Budi Gunawan mengatakan setelah lebaran ada tambahan 300 dosis vaksin dari Pemprov Kalsel.

"Kita sudah mengajukan tambahan vaksin ke Pemprov Kalsel untuk layanan setelah lebaran," jelas Budi.

Salah satu warga Kecamatan Muara Uya, Rahman, mengatakan ia melakukan vaksinasi COVID-19 untuk keperluan masuk kerja.

"Rencana mau masukan lamaran kerja jadi vaksinasi COVID-19 jadi salah satu persyaratan," ungkap Rahman.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023