Kepolisian Resor Banjar Polda Kalimantan Selatan menyiapkan "Rest Area" atau tempat beristirahat bagi pemudik untuk memberikan rasa nyaman dan aman pemudik menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Kepala Kepolisian Resor Banjar AKBP Ifan Hariyat melalui keterangan tertulis di Martapura, Sabtu mengatakan, pihaknya akan menyiapkan pos pelayanan maupun pos pengamanan wilayah setempat.

Baca juga: Tips PLN amankan listrik rumah agar mudik tenang dan nyaman
 
"Kami menyiapkan rest area bagi pemudik untuk istirahat yakni pos pelayanan Jalan Jenderal A Yani km 14 Gambut dan Pos pengamanan Jalan A Yani km 49 di wilayah Kecamatan Astambul," ujarnya.
 
Menurut kapolres melalui Kasi Humas AKP Suwarji, dibukanya pos pelayanan dan pos pengamanan itu sebagai bagian dari pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Ketupat Intan-2023".
 
Dijelaskan Suwarji, penyiapan pos itu mengantisipasi situasi Kamtibmas khususnya jelang, saat dan setelah perayaan Idul Fitri dan terlaksananya mudik bagi pemudik yang nyaman, aman dan berkesan.

Baca juga: Pemkot Banjarbaru sediakan angkutan mudik gratis
 
Suwarji menyebutkan, operasi yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia menjelang hingga pasca Idul Fitri 1444 Hijriah digelar selama 14 hari terhitung mulai 18 April 2023 sampai 1 Mei 2023.
 
"Tujuan operasi terjaminnya rasa aman masyarakat menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri, dan terwujudnya keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas," ucap bang Aji sapaan akrab Suwarji.
 
Tujuan lainnya, terwujudnya arus mudik dan balik yang lancar, serta menurunnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di ruas jalan wilayah hukum setempat.
 
Sementara, personel dilibatkan pada operasi sebanyak 160 orang terdiri dari 88 personel Polri, 12 personel TNI, 12 personel Satpol PP, 12 personel BPBD, 12 personel Dinkes Kabupaten Banjar.
 
Kemudian, 12 personel pemadam kebakaran, dan 12 personel Dishub Banjar dan personel bertugas di Pos Yan dan Pos Pam Ops Ketupat Intan sebanyak 32 personel dan personel instansi terkait sebanyak 24 orang.
 
Baca juga: Pemkab Tanah Laut berikan layanan mudik gratis lebaran bagi warga
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023