Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menyediakan angkutan mudik gratis bagi pegawai negeri sipil maupun masyarakat yang pulang ke kampung halaman menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Angkutan mudik gratis disiapkan bagi ASN maupun honorer termasuk masyarakat umum yang ingin pulang kampung merayakan Idul Fitri," ujar Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin di Banjarbaru, Kamis.
Baca juga: PLN hibur anak TPA Al-Husna Banjarbaru dengan mendongeng bersama
 
Menurut Aditya, angkutan mudik gratis yang telah disiapkan Pemkot dapat dimanfaatkan masyarakat dan mendaftar ke Dinas Perhubungan sehingga bisa diberangkatkan sesuai jadwal dan tujuannya.
 
Aditya menuturkan, program angkutan mudik gratis merupakan salah satu strategi mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada puncak arus mudik satu hingga dua hari menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Puncak arus mudik diperkirakan kepadatan kendaraan di jalan raya meningkat baik roda dua maupun roda empat dan terjadi kemacetan sehingga diantisipasi melalui angkutan mudik gratis," ucapnya.
 
Disisi lain, kata Aditya, angkutan mudik gratis ini juga membantu meringankan beban pengeluaran pegawai maupun masyarakat yang ingin pulang kampung sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya.

Baca juga: Wakil Wali Kota Banjarbaru pimpin pantau harga dan stok bahan pokok
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kota Banjarbaru Mutia Syafariahadi mengatakan, jumlah armada yang disiapkan sebanyak 3 unit bus dan akan ditambah sesuai kebutuhan dan perkembangan di lapangan.
 
"Jumlah armada sementara yang disiapkan 3 unit ditambah satu unit cadangan. Jika diperlukan ditambah lagi sesuai kebutuhan," ujar Mutia melalui Kepala Bidang Kabid Sarana Prasarana Transportasi Eddy S.
 
Dikatakan Eddy, pelaksanaan angkutan mudik gratis dimulai pada tanggal 18 April 2023 dengan rute dari Banjarbaru menuju kawasan Banua Enam terjauh ke Tanjung Kabupaten Tabalong.
 
"Masyarakat yang berminat bisa mendaftarkan diri ke kantor Dishub atau melalui barcode di iklan banner media sosial Pemkot. Sedangkan pegawai bisa mendaftar di tempat kerjanya," kata dia.
 
Ditambahkan, angkutan balik juga disiapkan Pemkot Banjarbaru untuk menjemput masyarakat dan pegawai yang pulang ke Banjarbaru dengan waktu yang telah ditetapkan tanggal 24 April 2023.
 
"Titik penjemputan disesuaikan masing-masing kabupaten dan kota sehingga masyarakat dan pegawai yang ingin pulang kembali ke Kota Banjarbaru bersiap di waktu yang telah ditentukan itu," katanya.
 
Baca juga: Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin rampung 2024
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023